Selamat Datang di Website PBA

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab(PBA), Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK) IAIN Palangkaraya

Seminar Internasional tentang Pembelajaran Bahasa Arab

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) telah mengadakan Seminar Internasional dengan tema Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pembelajaran

Syekh Osama Abdelmonem Yazed dari Al-Azhar Mesir sedang mengajar Bahasa Arab

Mahasiswa antusias mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Arab bersama Dosen dari Mesir

Pertama dan Satu-satu Prodi PBA di Kampus Negeri Palangkaraya

Prodi PBA adalah satu satunya Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Negeri di Palangkaraya

Syekh dari Al-Azhar Mesir jadi Pengajar di FTIK IAIN Palangkaraya

Foto bersama Syaikh Osama dari Al-Azhar Mesir Ada suasana berbeda di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya dengan hadirnya seorang pengajar asing dari Mesir, Syekh Osama Abdelmonem Yazed

Senin, 23 Desember 2019

Visiting Lecture tiga Dosen PBA IAIN Palangka Raya

MOU dengan FAKULTAS TARBIYAH IAIN KEDIRI

Visiting Lecture dosen PBA ibu Dr. Nurul Wahdah, M.Pd di IAIN Kediri

Visiting Lecture dosen PBA ibu Marsiah MA di IAIN Kediri

Visiting Lecture dosen PBA bapak Ahmadi, M.S.I di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Senin, 23 Desember 2019. Dua dosen PBA juga melakukan kegiatan Visiting Lecture, setelah sebelumnya melakukan MOU dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, kemudian sebagai tindak lanjut dari MOU tersebut, dua dosen PBA melakukan Visiting Lecture pada Prodi PBA IAIN Kediri. Selama dua hari kegiatan visiting tersebut berjalan sukses dan lancar. Kedatangan dua dosen PBA ibu Dr. Nurul Wahdah M.Pd dan Ibu Marsiah MA ini disambut dengan sangat antusias. Hal tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang berlangsung. Mahasiswa PBA IAIN Kediri mengakui mendapat ilmu baru, dari apa yang telah diajarkan oleh dua dosen PBA ini, pun begitu pula dengan Dosen PBA yang juga mendapatkan pengalaman baru setelah mengajar para mahasiswa pba IAIN Kediri,

Sebelumnya juga pada Senin lalu, pada tanggal 16 Desember 2019. Dosen PBA bapak Ahmadi M.S.I bertolak ke Jakarta dalam kegiatan Visiting Lecture pada prodi PBA FTIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan Visiting Lecture ini juga merupakan tindakan lanjutan dari penandatanganan Mou kerjasama PBA IAIN Palangkaraya dengan PBA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Kesempatan bertemu dan mengajar mahasiswa/i PBA UIN Syarif Hidayatullah menurut beliau, sangat mengesankan, selain mendapat sambutan hangat.. Beliau juga mengatakan, bahwa ketika mengajar. mahasiswa dapat dengan mudah diajak berkomunikasi dan bekerja sama dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Kegiatan ini diharapkan bukan hanya perjanjian hitam putih. Namun juga merupakan upaya mengenalkan PBA IAIN Palangkaraya ke kampus kampus Ternama di seluruh Indonesia. (by ami)

Dosen PBA menjadi Presenter pada MUNASBA ke-2 di UIN Jakarta


Dosen PBA Bapak Ahmadi, M.S.I mengikuti Munasba II di UIN JAKARTA

Presentasi Kesiapan PBA IAIN Palangka Raya menjadi Tuan Rumah PINBA 2021
Rabu 18 Desember lalu, dosen PBA bapak Ahmadi, M.S.I menghadiri sekaligus menjadi Presenter dalam Multaqo Nasional Bahasa Arab yang ke II di Universitas Al Azhar Jakarta, kegiatan yang di rangkai dengan Pelantikan dan Rapat Kerja PP IMLA Indonesia periode 2019-2023 ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Bahasa Arab sedunia, yang diperingati oleh Guru, Dosen, Akademisi dan seluruh Pecinta Bahasa Arab dimanapun berada. Pada kesempatan berharga tersebut, bapak Ahmadi, M.S.I, selalu ketua IMLA daerah Kota Palangka Raya. juga menyampaikan keinginan dan harapan PBA IAIN Palangka Raya agar diperkenankan menjadi tuan rumah, dalam pelaksanaan kegiatan PINBA "Pertemuan Ilmiah Nasional Bahasa Arab" 2021. Dalam presentasinya, bapak Ahmadi M.S.I memberikan pernyataan kesiapan yang maksimal, untuk menjadi tuan Rumah dalam acara bergengsi bahasa Arab ini. (By ami)

Meriah dan Mengesankan, Prodi PBA memperingati hari Bahasa Arab Sedunia

Penampilan Pidato Bahasa Arab oleh Semester I


Penampilan Ghina Arabiy dari Semester 3
Penampilan Nasyid dari semester 7
Penampilan Sulap dari semester 5

Foto bersama dalam acara memperingati HARI BAHASA ARAB SE-DUNIA

Senin, 23 Desember 2019. Belum lama ini PBA IAIN Palangka Raya memperingati hari Bahasa Arab Sedunia pada tanggal 18 Desember 2019. Prodi PBA yang digawangi oleh HMPS PBA mencetuskan ide untuk membuat suatu kegiatan inovatif dibanding tahun tahun sebelumnya. Jika ditahun sebelumnya hanya ada ucapan yang ramai di media sosial dalam mengucapkan hari bahasa Arab sedunia, maka kali ini berbeda, HMPS PBA bekerjasama dengan FILAR, ITHLA dan juga IKPDH (ikatan Keluarga Pondok Pesantren Darul Hijrah) ini membuat sebuah penampilan pentas seni, yang ditampilkan oleh seluruh perwakilan angkatan semester 1 hingga semester 7. Penampilan dalam pentas seni ini beragam ada Ghina Arabiy berkelompok,  duet Ghina Arabiy, Pidato Bahasa Arab, Nasyid, Musikalisasi Puisi bahkan ada penampilan Sulap. 

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini, sungguh membuktikan bahwa mahasiswa/i PBA adalah mahasiswa/i yang penuh ide kreatif dan berbakat. Kegiatan yang dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai prodi ini dibuka oleh Sekretaris Jurusan Bahasa yaitu Bapak Ali Mirza M.Pd sebelumnya beliau juga mengatakan orang orang yang belajar bahasa Arab adalah orang orang yang Istimewa. Karena bahasa Arab itu sendiri mempunyai banyak keistimewaan. Beliau juga menekankan agar kegiatan ini bersifat Continue dan tetap istiqomah dilaksanakan ditahun tahun berikutnya. 

Sugestinya adalah dalam perayaan hari bahasa Arab sedunia ini, kita para akademisi Pembelajar Bahasa Arab khususnya Prodi PBA IAIN Palangka Raya tidak hanya sekedar memperingati hari bahasa Arab sedunia, namun juga bangga terhadap bahasa Arab, bangga belajar bahasa Arab, bangga menjadi bagian dari bahasa Arab. (By. ami)

Kamis, 28 November 2019

Alumni PBA menjadi Pembicara di Yudisium FTIK ke X

Yudisium Mahasiswa/i Prodi PBA IAIN Palangka Raya

Alumni PBA, menjadi Pembicara di yudisium FTIK X IAIN Palangka Raya

Bersama Mahasiswa/i PBA yang mendapat peringkat CUMLAUDE
 Rabu, 27 November 2019. Acara yudisium ke X FTIK IAIN Palangka Raya, sukses digelar. Suasana hangat, haru dan bahagia serasa tumpah ruah ketika satu persatu peserta mahasiswa dan mahasiswi disebutkan namanya maju ke depan, diberikan tanda berupa kalung piagam penghargaan yang menandakan bahwa mereka telah di  yudisium oleh Dekan FTIK. Ada 12 orang mahasiswa/I PBA yang diyudisium hari ini, lima diantaranya mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa/I peraih gelar Cumlaude. Sebelumnya acara yang dimulai pada pukul 08.00 wib di Aula Hotel Aquarius ini, dibuka oleh Rektor IAIN Palangka Raya Bapak Dr. Khairil Anwar M.Ag, dalam sambutan beliau yang penuh hikmah ini, beliau mengingatkan kepada seluruh mahasiswa/I untuk terus berbakti pada orang tua seraya sll mendoakan beliau, karena kiranya atas perjuangan para orang tua kita lah, hingga akhirnya kita sampai pada tahap ketika tujuan kita telah terlaksana, beliau juga memberikan pesan mendalam untuk seluruh mahasiswa/I untuk menjaga sikap dimanapun mahasiswa/I sedang berada, baik dari segi lisan ataupun tindakan.

Dalam prosesi kegiatan yudisium ini, Natalin Dewi Kalimutu. Alumni Prodi PBA Angkatan 2016 diundang sebagai pembicara, untuk memberikan kisah inspiratif, dan berbagi pengalamannya tentang bagaimana dunia kerja yang sebenarnya ditengah masyarakat. Dihadapan seluruh audiens yang berhadir, nadeka begitu sapaan akrabnya mengatakan bahwa sebagai “fresh graduate” kita tidak boleh berpangku tangan, dan hanya mengandalkan selembar ijazah untuk menunggu sebuah pekerjaan, namun yang mesti kita lakukan adalah terus meningkatkan kompetensi dan skill keterampilan kita dengan berada langsung di tengah masyarakat, jangan malu untuk melakukan pekerjaan kecil, kita hanya perlu menekuninya agar menjadi hasil yang besar. (by ami)


Minggu, 24 November 2019

Pelatihan Corel Draw dari HMPS PBA


Pelatihan Corel Draw oleh HMPS PBA 

Pelatihan Corel Draw oleh HMPS PBA


Sabtu 23 November 2019 kemarin, koordinator divisi komunikasi dan informasi himpunan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab - Hadi Saputra, telah melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu pelatihan menggunakan aplikasi desain grafis "Corel Draw" bagi mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, kegiatan itu diberi nama "Ta'lim Khusus Desain Grafis Corel Draw". Hadi Saputra, sebagai pencetus sekaligus menjadi pemateri yang mengisi kegiatan tersebut, tentunya ia memang sudah berpengalaman di ranah pengaplikasian corel draw, dan ia merasa perlu membagikan ilmu yang dimilikinya tersebut kepada kawan-kawan khususnya mahasiswa pendidikan bahasa Arab semester 1 dan 3 agar bisa melanjutkan program kerja divisi kominfo untuk tahun-tahun yang akan datang. Adapun editan hasil dari desain grafis Corel draw yang digunakan Hadi Saputra ini dapat dilihat dari beberapa postingan di instagram @pbaiainpalangka.

Ta'lim khusus ini pada awalnya hanya dibuka untuk 20 orang peserta saja, namun pada hari pelaksanaan peserta yang hadir berjumlah 22 orang. Peserta melakukan pendaftaran melalui google form dan akan tertutup secara otomatis jika jumlah peserta sudah mencapai 20 orang, namun setelah pendaftaran ditutup, beberapa orang menghubungi secara pribadi agar diperkenankan dapat mengikuti Ta'lim tersebut. Dari 20 peserta yang mendaftar melalui google form, 4 diantaranya tidak dapat mengikuti ta'lim, sehingga dari 22 peserta yang mengikuti ta'lim kemarin 6 diantaranya adalah peserta yang hadir diluar pendaftaran resmi. Peserta membayar Rp,5.000 untuk registrasi kemudian mendapatkan snack konsumsi, sertifikat, teman baru dan tentunya ilmu yang bermanfaat. Ta'lim ini juga dihadiri langsung oleh ketua Filar, Ahda Muyasir Asmawi, dan didukung penuh oleh Ketua HMPS PBA, Alfia.

Mahasiswa PBA semester 5 - Munawarah, membantu untuk membawakan acara pada Ta'lim ini dengan 5 kegiatan, yaitu pembukaan, penyampaian materi, diskusi, praktek membuat desain, dan penutup sekaligus foto bersama. Ta'lim dimulai pukul 15:00 Wib kemudian berakhir pada pukul 16:40 Wib, waktu yang tersedia digunakan dengan efektif dan semua kegiatan berjalan dengan lancar. Peserta yang telah mengikuti kegiatan diajarkan untuk membuat sebuah desain grafis yang nantinya akan di posting dalam akun instagram @pbaiainpalangka.

Hadi Saputra mengatakan dengan diadakannya acara ini diharapkan mahasiswa mampu mengarahkan kreatifitas yang dimilikinya menjadi sebuah karya. Di zaman yang semakin canggih ini sudah menjadi keharusan untuk mahasiswa memiliki keahlian dalam menggunakan teknologi dibidang apapun agar mampu mengikuti perkembangan zaman dan tidak kesulitan ketika nanti saatnya masuk dalam lingkungan pekerjaan. Semoga pelatihan seperti ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya, khususnya oleh mahasiswa PBA karena mahasiswa PBA di IAIN Palangkaraya tidak hanya unggul di bidangnya namun juga dibeberapa bidang keahlian yang lain. (Palangkaraya, 24 November 2019)




Menjadi Delegasi Kemah Bahasa Arab dan Muktamar ITHLA ke VIII, 4 orang Mahasiswa/I PBA mengikuti lomba tingkat Nasional di Jakarta

Delegasi Mahasiswa/i PBA IAIN Palangka Raya pada kegiatan KBA daN Muktamar ITHLA yang ke VIII

Sabtu 23 November 2019, sehari sebelum keberangkatan para mahasiswa/I PBA ke Jakarta untuk menghadiri Kemah Bahasa Arab dan Muktamar ITHLA yang ke VIII. Para Deleagsi yang berjumlah 4 orang, atas nama Syukriansyah semester 1, Annisa semester 1, Adel semester 3 dan Firda semester 7 ini mengadakan pertemuan sekaligus acara pelepasan dari Dosen PBA IAIN Palangka Raya. Dalam kesempatan ini, tidak lupa pula para dosen PBA memberikan wejangan dan support untuk empat orang yang telah siap mengikuti berbagai lomba tingkat nasional yang diadakan oleh KBA Muktamar ITHLA ke VIII. Adapun lomba yang diikuti antara lain adalah Ghina Araby, Puisi, Debat dan Qiroatul Kutub. Untuk para delegasi yang telah berangkat, kami keluarga besar PBA IAIN Palangka Raya, bangga pada kalian, semoga mendapatkan pengalaman terbaik dan membawa harum nama PBA IAIN Palangka Raya. Hamasah (by ami)

Temu Alumni Prodi PBA IAIN Palangka Raya

Dosen PBA bersama Alumni PBA IAIN Palangka Raya

Temu Alumni PBA IAIN Palangka Raya

Sabtu 23 November 2019, Alumni Prodi PBA IAIN Palangka Raya mengadakan agenda “temu alumni” di kediaman Ustadzah Marsiah, kaprodi PBA. Agenda pertemuan dalam rangka perayaan Maulid Nabi tersebut dirangkai dengan kegiatan silaturrahim antar sesama alumni, serta melakukan koordinasi dan sharing informasi pengalaman antar alumni yang telah lama mengabdi dimasyarakat, sebagaimana diketahui para alumni prodi PBA sejak kelulusan pertama pada tahun 2014 lalu, telah tersebar diseluruh MI, MTs dan MA sekota Palangka Raya. Kebanyakan dari mereka bahkan sudah di rekrut untuk bekerja bahkan sebelum mereka lulus kuliah. Namun bukan hanya itu saja, alumni Prodi PBA juga ada yang bekerja di Bank, membuka usaha Travel Biro perjalanan dan Umroh juga berbagai pekerjaan lainnya. Menariknya, alumni prodi PBA rupanya mudah sekali untuk mendapatkan pekerjaan. Terbukti, dari pengalaman yang mereka ceritakan satu sama lain. Kedepannya Prodi PBA akan terus memberikan kualitas pembelajaran terbaik, sesuai dengan kebutuhan Stakeholder di masyarakat, agar output yang dihasilkan dapat bermanfaat dan dapat menjawab semua harapan dari masyarakat luas. (by ami)

Sabtu, 23 November 2019

Perayaan Maulid Nabi Prodi PBA IAIN Palangka Raya

Pembacaan Maulid Habsyi oleh Mahasiswa dan Mahasiswi PBA

Sabtu 23 November 2019, bertempat di Kediaman Ustadzah Marsiah yang merupakan Kaprodi PBA telah dilaksanakan perayaan Maulid Nabi Muhammad saw, Lantunan Shalawat dan syair menggema di seisi ruangan dengan iringan tabuhan gendang oleh para mahasiswa dan mahasiswi PBA, acara hari ini berlangsung sangat khidmad, ditambah lagi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Syahmidi, M.Pd, yang mana beliau mengajak kita bersama sama mereflesikan kembali, Hikmah yang terkandung dalam Perayaan Maulid Nabi Muhammad saw.

Perayaan Maulid yang dihadiri oleh seluruh Dosen PBA dan mahasiswa/I PBA seluruh angkatan ini, merupakan agenda luar perkuliahan yang kerap kali dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeratkan tali persaudaraan Keluarga Besar PBA IAIN Palangka Raya. Hal tersebut dapat dilihat dari persiapan acara ini sebelumnya, selain Shohibul bait, para mahasiswi PBA ikut bergotong royong membantu mempersiapkan jamuan, dan para mahasiswa PBA bergotong royong membantu membersihkan lokasi setelah acara dilaksanakan.(By ami)

Senin, 04 November 2019

Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab Abad 21

Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21


Digital Learning 4.0 dalam Pengembangan perangkat pembelajaran Abad 21

Mendatangkan Guru besar Pendidikan Bahasa Arab dari Universitas Negeri Malang dan Koordinator Arabic Online se Indonesia, Prodi PBA IAIN Palangka Raya konsisten untuk terus melakukan usaha dalam mengupgrade perangkat pembelajaran terkini, sebagai bentuk peningkatan kualitas agar proses pembelajaran bahasa Arab semakin dapat dirasakan hasilnya, tidak hanya untuk mahasiswa dan dosen PBA, namun juga untuk guru guru bahasa Arab se kota Palangka Raya.

Senin, 04 November 2019, Prodi PBA IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab dengan tema pertama.. Yang dinarasumberi oleh Prof Asrori M.Pd dan tema kedua yaitu yang dinarasumberi oleh H. Ahmad Makki Hasan. Kegiatan workshop yang ditujukan untuk para Mahasiswa, Dosen dan guru bahasa Arab sekota Palangka Raya ini berjalan lancar dan sukses. Seluruh peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan. Materi materi baru yang disampaikan oleh Prof Imam dirasakan sangat bermanfaat untuk seluruh peserta lebih lebih lagi untuk para guru bahasa Arab dalam mengembangkan perangkat pembelajaran.
Dan juga yang tidak kalah menarik, Ustadz H. Ahmad Makki Hasan, yang memberikan pengalaman belajar bahasa Arab yang sangat kekinian dan milenial, menggunakan berbagai macam aplikasi sederhana yang dapat dimanfaatkan menjadi pembelajaran bahasa arab digital yang membuat para peserta semakin semangat dalam belajar dan mengajar bahasa Arab. Dikemas dengan beragam permainan dan doorprize, beberapa peserta mendapatkan hadiah berupa buku dari Prof Imam dan Ustadz H. Ahmad Makki. Para peserta workshop ini merasa sangat senang dan berharap kegiatan seperti ini terus diadakan, untuk kemajuan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia (by AMI)


Menggunakan Arabic Online, Mahasiswa PBA berkomunikasi langsung dengan Native Spiker Saudi Arabia

Video Conference dengan Native Speaker Saudi Arabia

Mahasiswa PBA berkomunikasi langsung dengan Native Speaker
Senin, 04 November 2019. Didampingi oleh koordinator Arabic Online se Indonesia ustadz H. Ahmad Makki Hasan, Abrori mahasiwa PBA dapat berkomunikasi langsung melalui Video Conference dengan Native Speaker yang menjadi Tutor dalam pembelajaran bahasa Arab Arabic Online, dengan menggunakan fitur ini, tutor dapat membimbing secara langsung pesertanya secara face to face, dan peserta juga dapat belajar membiasakan diri berkomunikasi langsung menggunakan bahasa Arab. Para tutor yang berasal dari Arab saudi ini, merupakan para pengajar bahasa Arab yang profesional.

Sebelumnya Ust. Ahmad Makki Hasan mengungkapkan bahwa saat ini, program arabic Online ini sedang Masyhur digunakan untuk para pembelajar Indonesia untuk meningkatkan kemampuan bahasa arabnya. Dan beliau sebagai Koordinator Bahasa Arab di Indonesia siap membantu terkait tekhnis dalam pelaksanaan program ini. Prodi PBA IAIN Palangka Raya yang sebelumnya sudah melaksanakan MOU dengan Saudi Elektronic University mewajibkan seluruh mahasiswa PBA menggunakan program arabic online ini. Bahkan dijadikan sebagai syarat kelulusan dalam perkuliahan. (By AMI)


Selasa, 22 Oktober 2019

Selamat Hari Santri Nasional 2019

Selamat Hari Santri Nasional 2019


Selasa 22 Oktober 2019, Dalam rangka memperingati hari Santri tahun 2019, serempak seluruh akademisi IAIN Palangka Raya dihimbau untuk menggunakan Sarung dengan baju koko serta peci bagi laki laki dan perempuan menggunakan pakaian muslimah sebagaimana biasanya. Sebagaimana tahun tahun sebelumnya, hampir semua mahasiswa IAIN Palangka Raya antusias atas himbauan ini, menarik sekali bukan? Ketika dosen dan mahasiswa IAIN Palangka Raya serempak menggunakan peci dan sarung dalam proses pembelajaran dan beraktivitas dikampus, yang biasanya kita semua terbiasa menggunakan kemeja dan pakaian formal lainnya. Euforia ini, juga dirasakan mahasiswa PBA IAIN Palangka Raya, mereka kompak mengenakan pakaian koko seragam bagi yang laki laki dan perempuan mengenakan baju muslimah dengan warna senada. Dengan bangga kami keluarga besar PBA IAIN Palangka Raya mengucapkan Selamat hari Santri Nasional untuk seluruh Santri di Indonesia, selamat untuk kita semua dan selamat untuk siapapun yang meski ia tak pernah menjadi santri namun selalu menjunjung tinggi nilai nilai moral santri dan terus menjadi agen kebaikan, Ihsan dalam perbuatan dan lisan. Amin. (By AMI)

Minggu, 20 Oktober 2019

HMPS PBA, FILAR dan ITHLA IAIN Palangka Raya


HMPS PBA, ITHLA dan FILAR IAIN Palangka Raya



Tak kenal maka tak sayang, ungkapan demikian acap kali jadi semboyan ketika ingin berkenalan dengan seseorang. Sekian minggu waktu berlalu, sejak penerimaan mahasiswa baru angkatan 2019, namun belum ada pertemuan khusus antar mahasiswa PBA seluruh angkatan untuk saling mengenal dan menjalin Ukhuwah lebih dalam dengan seluruh mahasiswa PBA angkatan 2019, sampai hari ini Minggu, 20 Oktober 2019, bertempat diselasar Masjid Darussalam IAIN Palangka Raya, Filar bersama HMPS Bahasa Arab bekerja sama dengan ITHLA PBA IAIN Palangka Raya, menjadi wadah untuk tempat bertemu, saling bertukar informasi dan sosialisasi tentang seluruh kegiatan kegiatan bahasa Arab yang ada di PBA IAIN Palangka Raya. Kegiatan yang diisi dengan perkenalan individu, perkenalan organisasi dan bahkan permainan permainan bahasa Arab ini diharapkan dapat merekatkan jalinan ukhuwah sesama mahasiswa PBA IAIN Palangka Raya, meskipun berbeda angkatan. Kedepannya PBA IAIN Palangka Raya akan selalu kompak dalam berbagai kegiatan untuk saling mengingatkan kebaikan. (By AMI)