Kompetensi utama lulusan: "Menjadi guru/pendidik Bahasa Arab di madrasah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang pendidikan bahasa Arab" penjelasannya sebagai berikut:
- Memiliki kemampuan mendidik dan membelajarkan
bahasa Arab yang diperoleh dari mata kuliah Ilmu Pendidikan, Tathwir Manhaj
al-Lughah al-Arabiyyah, Takhtith Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah, Tahlil
al-Mawad al-Lughah al-Arabiyyah, Thuruq Tadris al-Lughah al-Arabiyah, Istiratijiyat
Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyyah ala Asas al-Tiknulijiya al-Haditsah,
Istiratijiyat Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah ala Asas al-Tadqiq wa
al-'Ibda'i, Al-Wasail al-Musa'adah Li Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah,
Tathwir al-Wasail al-Ibda'yyah Fi Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah, Taqwim
Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah, Teknologi Informasi, Tathbiq Al-Tadris
al-Mushaggar dan Tathbiq Al-Tadris al-Maidany. Dari mata kuliah-mata
kuliah tersebut lulusan sudah dibekali pemahaman tentang pengembangan
kurikulum bahasa Arab, perencanaan pembelajaran, penentuan materi yang
sesuai dengan karakteristik siswa, penerapan berbagai strategi dan metode
pembelajaran bahasa Arab yang cocok, menarik dan variatif berbasis IT,
pemanfaatan, pengembangan dan penyusunan media pembelajaran bahasa Arab
berbasis IT, pelaksanaan evaluasi hasil belajar bahasa Arab siswa serta
penerapan keterampilan-keterampilan mengajar bahasa Arab.
- Mampu melakukan penelitian dan mengembangkan
keilmuan dan kependidikan bahasa Arab sesuai dengan tuntutan zaman yang
diperoleh dari mata kuliah Manhaj al-Bahts al-Lughawy al-Kaify, Manhaj
al-Bahts al-Lughawy al-Kammy, Statistik Pendidikan, Seminar Proposal dan
Al-Bahs al-'Ilmy. Dari mata kuliah-mata kuliah tersebut lulusan sudah
dibekali tentang metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif yang
didukung statistik, selanjutnya dilatih mencari permasalahan penelitian,
menyusun proposal skripsi dan mempresentasikannya sebelum proposal skripsi
tersebut ditetapkan tim dan dilanjutkan ke penelitian yang sesungguhnya
untuk menjadi sebuah skripsi.
- Mampu menulis karya
ilmiah yang dipublikasikan
dalam prosiding/ jurnal nasional dan international yang diperoleh
melalui mata kuliah Al-Kitabah al-Akadimiyyah, Manhaj al-Bahts
al-Lughawy al-Kaify, Manhaj al-Bahts al-Lughawy al-Kammy.
- Memiliki motivasi yang tinggi, gemar dan aktif
dalam membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara bahasa Arab yang
diperoleh dari mata kuliah Al-Istima’
al-Tafsiry, Al-Istima’
al-Nâqdy, Al-Kalam Li al-Ittishal al-Yaumy, Al-Kalam Li al-Ahwal
al-Rasmiyyah Wa al-Khashshah, Al-Kalam Li al-Munaqasyah Wa al-Mujadalah,
Al-Qira’ah al-Mukatstsafah, Al-Qira’ah al-Nâqidah, Al-Kitabah
al-Wadzifiyyah, Al-Kitabah Al-Ibda’iyyah
dan Tarjamah.
Kompetensi Pendukung:
- Menguasai administrasi
kependidikan yang diperoleh dari mata kuliah Administrasi Pendidikan dan
Praktik Administrasi Kependidikan.
- Menguasai berbagai
strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak yang diperoleh dari mata
kuliah Istiratijiyyat Ta’li al-Lughah al-Arabiyyah li al-Athfal dan
al-Al’ab al-Lughawiyyah fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah.
- Memiliki kemampuan merespons dan mengatasi permasalahan belajar bahasa Arab yang diperoleh dari mata kuliah Psikologi Belajar, Bimbingan Konseling dan Ilmu al-Nafsi wa al-Ijtima’i
Kompetensi Pilihan Lulusan:
- Menguasai keterampilan menjadi guide, yang diperoleh dari mata kuliah al-Arabiyyah li al-Siyahah, al-Arabiyyah al-‘Ammiyyah, al-Arabiyyah li al-Hajj, al-Arabiyyah li al-Masrahiyyah
- Memiliki keahlian dalam mengajar privat dan kursus bahasa Arab al’Arabiyyah li al-Ummal al-Indunisiyyin, PTK Pembelajaran Bahasa Arab, al-Ikhtibarat fi al-Arabiyyah
- Memiliki kemampuan dasar menulis buku dan jurnalis mata kuliah Tahlil Mawad al-Lughah al-Arabiyyah, i’dad Kitab Ta’limy, Kitabah Qishah li al-Athfal, al-Arabiyyah al-Shuhufiyyah
- Mampu menerjemah bahasa Arab ke Indonesia dan sebaliknya Terjemah Arab-Indonesia, Terjemah Indonesia-Arab, al-Mustalahat al-Haditsah, alTsaqafah al-Arabiyyah, Fiqh al-Lughah dan Ilm al-Ma’ajim
- Mampu berwirausaha tanzim al-Masyari, manajemen pengelolaan SDM, manajemen pengelolaan kursus
0 Komentar