About Me

header ads

Peningkatkan Kompetensi Dosen Prodi PBA dengan Mengikuti Pelatihan Pekerti

 

        Palangka Raya, 5 Juni 2023 - Tiga dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Palangka Raya mengikuti kegiatan pelatihan Pekerti yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sedang mengikuti pelatihan pekerti yang diadakan secara daring oleh UNESA. Pelatihan Pekerti ini berlangsung dari tanggal 5 Juni hingga 15 Juni 2023, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman dosen terkait teori serta praktik pembelajaran. Dalam pelatihan yang diadakan secara online ini, tiga dosen prodi Pendidikan Bahasa Arab yang berpartisipasi adalah Dr. Hj. Hamidah,M.A, Yulia Rahmah, M.Pd dan Aulia Mustika Ilmiani, ketiganya merupakan dosen berpengalaman di bidang Pendidikan Bahasa Arab.





Pelatihan pekerti ini dirancang untuk membekali dosen dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membimbing dan memberikan contoh yang baik kepada peserta dalam hal teori belajar dan pembelajaran, media dan sumber belajar, pengembangan RPS. Selama pelatihan, para peserta mendiskusikan berbagai topik terkait teori belajar, sumber belajar, desain pembelajaran dan inovasi pembelajaran. Adapun yang menjadi narasumber dalam pelatihan ini diantaranya adalah Prof. Dr. Anas Ahmadi, M.Pd, Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., Prof. Rooselyna Ekawati, M.Sc., Ph.D. dll.

Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan, "Saya sangat berterima kasih kepada panitia pelatihan ini dari UNESA atas kesempatan ini. Pelatihan pekerti ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran kita sebagai pendidik dan bagaimana kita dapat memberikan pengaruh positif pada mahasiswa kita. Saya yakin pengetahuan yang saya peroleh dari pelatihan ini akan sangat berguna dalam mendukung pengembangan moral dan akademik mahasiswa."

Yulia Rahmah, M.Pd menambahkan, "Sebagai pendidik, kami memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk karakter dan moralitas generasi muda. Pelatihan ini memberi kami wawasan yang lebih baik tentang bagaimana menciptakan lingkungan akademik yang sehat dan memberikan contoh yang baik kepada mahasiswa."

Pelatihan pekerti ini merupakan salah satu upaya FTIK dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran dosen di lingkungan kampus. Diharapkan bahwa dengan meningkatnya pemahaman dan keterampilan dosen dalam hal eakademik, mereka dapat memberikan dampak positif yang lebih besar pada mahasiswa dan masyarakat luas. Universitas Negeri Surabaya akan terus melaksanakan pelatihan serupa dan berbagai kegiatan pengembangan profesional lainnya untuk memastikan bahwa staf pengajar mereka tetap berkualitas dan mampu memenuhi tuntutan pendidikan yang berkembang pesat saat ini.(Postedbyami)

Posting Komentar

0 Komentar