About Me

header ads

Mahasiswi Prodi PBA Menjadi Presenter dalam Konferensi Internasional AICOIES 2023

 

Palangka Raya, 10 Mei 2023 - Sartika Sari, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FTIK IAIN)Palangka Raya, Indonesia, telah menjadi presenter dalam konferensi internasional Asian International Conference on Islamic Education and Science (AICOIES) 2023 yang diadakan pada tanggal 9-12 Mei 2023 di Parapat, Sumatera Utara Medan. Adapun peserta konferensi ini berjumlah 108 orang yang berasal dari berbagai latarbelakang pendidikan di PTKIN Indonesia maupun luar Indonesia.

 



Konferensi internasional ini dihadiri oleh peserta dari berbagai negara, dan terdapat berbagai presentasi makalah dan diskusi panel yang membahas topik-topik terkait dengan agama, budaya, dan masyarakat. Sartika menjadi salah satu dari beberapa presenter dari Indonesia yang berhasil lolos seleksi.

Pada kesempatan ini ia mempresentasikan artikelnya yang  berjudul "Moderasi beragama dalam keberagaman Indonesia pada masyarakat perbatasan negara". Dalam presentasinya, Sartika menjelaskan hasil penelitiannya yang bertujuan untuk menganalisis upaya moderasi beragama dalam menghadapi tantangan keberagaman di masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah. Ia memaparkan data dan fakta tentang kondisi masyarakat di Kalimantan Tengah yang beragam suku, agama, dan budaya. Sartika juga memberikan contoh nyata tentang upaya moderasi beragama di Kalimantan Tengah, seperti kegiatan dialog antaragama, pelatihan pemuda lintas agama, dan program-program yang melibatkan partisipasi semua pihak, tanpa memandang perbedaan agama dan budaya. "Moderasi beragama sangat penting dalam keberagaman masyarakat perbatasan, karena dapat menciptakan kerukunan dan toleransi antara umat beragama yang berbeda," ungkap Sartika dalam presentasinya. Suryadi Panjaitan, M.Pd, selaku penanggap dalam sesi presenter pada hari ini menyebutkan bahwa "Moderasi Beragama" perlu dibumikan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan membuat karya tulis ilmiah,

Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd, dosen dari Program Studi Pendidikan Agama Islam di IAIN Palangka Raya, menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh Sartika. "Prestasi Sartika dalam konferensi internasional ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi IAIN Palangka Raya dan Program Studi Pendidikan Agama Islam khususnya. Kami berharap ini akan menjadi motivasi bagi mahasiswa kami untuk terus mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang karya tulis dan juga prestasi Sartika dalam konferensi internasional ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya di Prodi PBA IAIN Palangka Raya untuk terus berprestasi dan membangun pemahaman yang lebih baik tentang moderasi beragama dan keberagaman di Indonesia. (Postedbyami)


Posting Komentar

0 Komentar