About Me

header ads

Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Prodi PBA IAIN Palangka Raya adakan Pertukaran Dosen dengan UIN Raden Mas Said Surakarta

 

        Prodi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Palangka Raya - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus memicu semangat perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang baru-baru ini melakukan pertukaran dosen dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Jawa Tengah.

    Dalam program pertukaran ini, Dosen PBA IAIN Palangka Raya, kor. Prodi PBA Aulia Mustika Ilmiani. M.Pd, melakukan pertemuan dengan kor Prodi PBA UIN Raden Mas Said Surakarta Muhammad Zaenuri, M.Pd. untuk mengagendakan kegiatan pertukaran dosen selama 8 kali pertemuan secara online. Sementara itu, UIN Raden Mas Said Surakarta juga mengirimkan dosen tamu ke IAIN Palangka Raya untuk memberikan kuliah di Program Studi PBA selama periode yang sama.

Menurut Dr. Nurul Wahdah, M.Pd selaku Wakil Dekan Bidang Akademik I yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini, kegiatan pertukaran dosen ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Bahasa Arab. "Pertukaran dosen antara PBA IAIN Palangka Raya dengan PBA UIN Raden Mas Said Surakarta merupakan upaya meningkatkan kualitas akademik dan kemampuan dosen dalam mengajar," ujar Dr. Nurul Wahdah, M.Pd

Ia menambahkan bahwa program pertukaran dosen ini juga dapat meningkatkan pemahaman dosen terhadap berbagai pendekatan dan metode pengajaran yang berbeda-beda. "Dosen yang mengikuti program ini akan memperoleh pengalaman baru dan wawasan yang berbeda, sehingga dapat memperkaya ilmu pengetahuan yang dimiliki dan kemampuan mengajar mereka," ujarnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari seluruh pihak, baik dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) maupun dari kedua perguruan tinggi yang terlibat. Kedepannya, diharapkan program pertukaran dosen antara PBA IAIN Palangka Raya dan PBA UIN Raden Mas Said Surakarta dapat terus berlanjut dan menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia.(posted by ami)

Posting Komentar

0 Komentar