About Me

header ads

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan, HMPS PBA Gelar Seminar Leadership

Minggu, (29/05/2022). Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya sukses menggelar seminar Leadership Skill Training dengan tema _"Membentuk Sikap dan Etika Kepemimpinan Mahasiswa Bahasa Arab Yang Responsip dan Kompeten di Era Milenial"_ yang dilaksanakan di Aula FTIK pada jam 08.00 wib s/d selesai.

Kegiatan ini dipandu oleh MC Tri Sandi Wahyuning Tyas dan Moderator Aprisa Noor Fadhila selaku biro PSDM HMPS PBA. Kegiatan ini menghadirkan pemateri Sartika Sari yang merupakan demisioner (Wakil Ketua HMPS PBA 2021-2022) dan demisioner-demisioner lainnya yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing diantaranya, Abdurrahman Nur selaku demisioner (Koor Div. Kominfo 2020-2021), Khoeriyah Ajeng Prasasti demisioner (Koor Div.Kominfo 2021-2022), Aniqatun Ni'mah demisioner (Koor Div. PSDM 2021-2022), Maulida demisioner (Sekretaris 2021-2022), dan Muhammad Noor Rahman demisioner (Filar 2021-2022).

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Fikri Shaumazzaki Siddiq dan dilanjutkan Ketua Himpunan Mahasiswa Program studi (HMPS) PBA Hamdani, dalam sambutannya ia mengatakan, “saya sangat berterimakasih kepada kawan-kawan HMPS yg sudah meluangkan waktunya, fikiran dan tenaga nya untuk kelancaran acara kita pada hari ini, dan saya sangat berterimakasih kepada kakak-kakak demisioner yang sudah mau meluangkan waktunya untuk memberikan ilmu serta pengalaman-pengalaman yang sudah kakak-kakak jalani selama di HMPS PBA. Dan saya harap acara ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan banyak ilmu kepada kita semua khususnya mengenai kepemimpinan", ungkap Hamdani (29/5).

Pemaparan materi oleh Sartika Sari

Dalam pemaparan materi oleh Sartika Sari ia menjelaskan mengenai kepemimpinan yang memiliki arti kemampuan atau kesiapan yang dimiliki seseorang yg dapat mempengaruhi, mendorong dan menuntun orang lain untuk menerima pengaruh. Dia juga menambahkan seorang pemimpin harus tahu tugas dan fungsi pemimpin diantaranya adalah membimbing, membangun dan memberi motivasi, membawa anggotanya mencapai tujuan yang telah direncanakan dan memberikan jaringan komunikasi yang baik. Seorang pemimpin harus memiliki sifat-sifat berikut ini yaitu niat berkhidmat kepada Allah swt dan organisasi, adil, setia, ikhlas berkorban dan pantang menyerah, tidak emosional, bnyk akal, cakap, sopan, fleksible dan tidak mudah menunda pekerjaan dan selalu siap mental untuk jatuh dan bangkit kembali. Dia juga menambahkan seorang pemimpin juga harus memiliki sifat-sifat yg dimiliki Rasulullah yaitu Siddiq, amanah, tabligh, dan fathonah".


Para demisioner saling berbagi dan bertukar pikiran dengan para anggota baru HMPS PBA

Setelah pemaparan materi dan sesi tanya jawab selesai. Kegiatan dilanjutkan dengan istirahat dan setelah itu anggota baru HMPS PBA berkumpul dengan para demisioner-demisioner yang sudah berpengalaman dibidangnya masing-masing. Dalam sesi ini dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan biro nya masing-masing. Para demisioner saling berbagi dan bertukar pikiran dengan para anggota HMPS PBA yang baru.


Sesi foto bersama dengan para demisioner 
Harapan dari terlaksananya kegiatan ini adalah agar para anggota HMPS PBA yang baru bisa lebih memperkokoh jiwa kepemimpinan mereka guna untuk mempersiapkan diri mereka dimasa kepengurusan nantinya dan tentunya diharapkan lebih mempunyai sifat kekeluargaan yang seutuhnya antara anggota-anggota HMPS PBA. (29/5)
(By: latif)

Posting Komentar

0 Komentar