About Me

header ads

Pendampingan penggunaan Aplikasi Pembelajaran untuk Guru-Guru di Mts/MA kab. Seruyan: Active Learning dan Kahoot

        Senin (13/09/2021). Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab Dr. Hj. Hamidah, M.A, Dr. Marsiah, M.A, Dr. Nurul Wahdah M.A dan Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd kembali melakukan pengabdian dosen sebagai kegiatan rutin dan terjadwal. Bersama dengan mahasiswa prodi PBA David Nor Abdillah dan alumni Prodi PBA yang turut serta berkontribusi dalam kegiatan ini Abadi Fadhli. Kali ini pengabdian prodi Pendidikan Bahasa Arab memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan aplikasi pembelajaran untuk guru-guru MTs/ MA di kabupaten Seruyan (Kuala Pembuang) Kalimantan Tengah. Dihadiri oleh 30 orang guru-guru yang berasal dari berbagai sekolah di wilayah kab. Seruyan, kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Mts. Nuruzh Zolam. 

        Sebelum kegiatan ini berlangsung, FTIK IAIN Palangka Raya telah melakukan MOu dengan Kemenag Kab. Seruyan Kalimantan Tengah, sehingga kegiatan pengabdian ini telah memiliki izin dan legalitas selama masa kegiatan. Kepala Kemenag Kab. Seruyan H. Supian S.Pd mendukung penuh kegiatan pengabdian ini sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan khususnya pendidikan yang bernaung dibawah Kementerian Agama. 

        Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan beragam jenis aplikasi pembelajaran sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh guru-guru untuk berinovasi dalam menyajikan bahan pembelajaran berbasis TPACK. Beragam aplikasi ini yaitu aplikasi pembelajaran Active Learning dan Kahoot. Aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk guru-guru di daerah yang terkendala jaringan Internet. Hal inilah yang menjadi pertimbangan Dosen Prodi PBA dalam memilih aplikasi pembelajaran. 

        Menurut Kepala Sekolah MTs Nuruzh Zholam Supli S.HI kegiatan pengabdian ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan para guru-guru setempat dalam membuat bahan pembelajaran. Terlebih lagi dalam kondisi pembelajaran selama masa pandemic, dimana siswa dapat memanfaatkan bahan ajar yang dibuat dari aplikasi pembelajaran ini sebagai bahan belajar mandiri di rumah. (by ami)



Posting Komentar

0 Komentar