About Me

header ads

Metode 1 %: Tips dan Trik Menjadi Peserta Yudisium Terbaik Prodi PBA FTIK IAIN Palangka Raya

Rabu (23/06/2020), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan Yudisium Sarjana XIII Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya Semester Genap Tahun Akademik 2020-2021. Pelaksanaan kegiatan Yudisium Sarjana XIII ini bertempat di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, dimulai dari pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 11.30 WIB. Pada yudisium kali ini, 8 orang mendapat penghargaan sebagai lulusan terbaik yang diwakili oleh tiap program studi. Dalam kesempatan ini Hadi Saputra berhasil mendapatkan nilai IPK 3,93 dan dinobatkan sebagai peserta yudisium terbaik dari prodi PBA, dengan masa tempuh studi 3 tahun 9 bulan. Beserta Hadi Saputra, tiga mahasiswi lainnya dari prodi PBA meraih predikat Cumlaude.
Dalam wawancara singkat, dengan Hadi Saputra sebagai lulusan terbaik prodi PBA Tahun Akademik 2020-2021 lewat chat Whatsapp, ia membagi lima tips dan trik menarik untuk menjadi mahasiswa lulusan terbaik. Hal ini ia ungkapkan untuk menyemangati teman-teman mahasiswa/I seperjuangan dan juga seluruh adik tingkat khususnya mahasiswa/I prodi PBA. Berikut penjelasan lebih lanjut yang disampaikan oleh Hadi Saputra.
"Lima Tips dan Trik untuk menjadi Mahasiswa lulusan terbaik versi saya adalah; yang Pertama; Rajin. Masih terngiang sampai saat ini motivasi dari ibu Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd bahwasanya jika kamu ingin menjadi sukses, maka pilihannya hanya 2: yaitu rajin dan pandai. Tapi jika kamu hanya bisa salah satunya, maka jadilah rajin," karena hanya dengan rajin kita dapat menyelesaikan semua tugas, dan tak ada gunanya jika kamu pandai tetapi tidak rajin alias malas. Yang kedua, Tetapkan tujuan.Kita harus membuat tujuan agar apa yang kita jalani atau lakukan saat ini mengarah sesuai dengan tujuan yang dibuat. Misalnya tujuan dalam mengerjakan skripsi, entah itu demi bisa cepat selesai, agar bisa cepat nikah, atau mungkin agar tidak perlu bayar ukt lagi :) Yang ketiga, Buat target.Banyak tugas yang dikerjakan dalam satu waktu sekaligus terkadang tidak begitu efektif dan efisien, masalahnya tidak semua dari kita mampu untuk mengerjakan semuanya sekaligus.Oleh karena itu, membuat target sangat dianjurkan jika kamu ingin lebih efektif dan efisien. Misalnya membuat target dalam proses pengerjaan skripsi: buatlah target harian, target mingguan, dan target bulanan. Isinya yaitu tentang pekerjaan apa-apa saja yang ingin kamu selesaikan dalam waktu tersebut. Yang keempat, Metode 1% setiap hari. Simpelnya, cara ingi menganjurkan kepada kita agar terus bertumbuh atau berproses setiap hari, walaupun prosesnya hanya 1%, yang penting konsisten dan istiqomah.Cara ini merupakan salah satu cara yang saya gunakan dalam proses mengerjakan tugas akhir skripsi, dimana saya memaksa diri saya untuk terus membuka laptop lalu mengerjakan skripsi. Kenapa harus 1% setiap hari ? karena jikalau hal itu dilakukan selama 1 tahun dan konsisten, kita akan bertumbuh sebesar 36,5% hal itu merupakan sebuah hasil yg baik. Yang kelima, Koneksi yang baik. Hal ini juga penting banget jika kamu ingin jadi yudisiawan terbaik. bagaimana tidak, jika kamu mempunyai koneksi jaringan pertemanan yang luas dan sama sama membantu untuk saling bertumbuh, maka setidaknya kamu akan mendapatkan kemudahan di saat kamu punya urusan atau perkara. Yang menarik perhatian, dari lima tips dan trik yang dishare oleh Hadi ini, adalah metode 1%, metode yang paling mudah dilakukan namun nyatanya sering diabaikan. Bersikap konsisten dan mau bergerak maju kedepan sedikit demi sedikit adalah hal sederhana tapi sangat menghasilkan. Hadi Saputra, yang dalam kesehariannya aktif sebagai conten creator edukasi dalam pembelajaran Bahasa Arab ini telah membuktikan bahwa apa yang ia usahakan, ternyata membuahkan hasil sepadan. Kami keluarga besar Prodi PBA IAIN Palangka Raya mengucapkan Selamat dan Sukses untuk Hadi Saputra, dan kawan-kawan yang mengikuti Yudisium hari ini, semoga Allah swt mudahkan langkah kalian, dalam mengembangkan ilmu, serta menjadi Insan yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa, Amin.(by ami)

Posting Komentar

0 Komentar