Senin, 31 Agustus 2020

Dosen PBA Buatkan Tutorial Pembuatan Bahan Ajar Digital,

 

Senin, 31/08 2020 bertempat di Ruangan Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) 1 & 2 IAIN Palangka Raya, telah berlangsung kegiatan "Pelatihan pembuatan video pembelajaran interaktif dan e-module" oleh Dr. Nurul Wahdah M.Pd dan juga optimalisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Mahasiswa dan Akademik (SIMAK) dalam rangka mempersiapkan pembelajaran daring tahun akademik 2020-2021 oleh Mukhlis Rahmadi M.Pd.

 

   Untuk memudahkan dosen-dosen dalam pembuatan video pembelajaran. Dosen prodi PBA, dalam  kesempatan ini Dr. Nurul Wahdah sebagai pemateri,  membuatkan tutorial pembuatan bahan ajar digital yang dapat diakses di youtube  https://youtu.be/LeKmCjwk43o. Adanya tutorial ini sangat membantu para dosen sebagai panduan dalam pembuatan bahan ajar. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Dr. Marsiah M.Pd "Tutorial ini, sangat membantu proses pembuatan bahan ajar, agar tidak lupa dan dapat mengikuti langkah-langkahnya secara berarturan"

Ada beberapa aplikasi pembelajaran yang beliau ajarkan, diantaranya aplikasi kine master, active presenter, e-module dll. Aplikasi ini dapat digunakan sekaligus dalam pembuatan video pembelajaran, sesuai dengan kebutuhan.


Kegiatan pelatihan yang dihadiri oleh segenap dosen FTIK ini, dibagi menjadi dua sesi pertemuan. Pertemuan pertama pada hari kamis, 27/08 dihadiri oleh dosen dosen jurusan MIPA dan jurusan Bahasa dan pertemuan kedua pada hari senin, 31/08 dihadiri oleh dosen dosen jurusan Tarbiyah. Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, Dra. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd.   

Dalam sambutannya, Dekan FTIK memberikan pengarahan kepada seluruh dosen, agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran daring yang akan dihadapi untuk semester depan. Oleh sebab itu kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali dosen FTIK dalam penguasaan pembuatan video pembelajaran interaktid dan e-module. (by ami)


0 komentar:

Posting Komentar