About Me

header ads

Pendidikan Bahasa Arab Menjalani Asesmen Lapangan dari LAMDIK untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Palangka Raya - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sebuah perguruan tinggi di Indonesia tengah menjalani asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).



Asesmen lapangan ini menjadi bagian integral dari upaya PBA untuk terus mengukur dan meningkatkan standar kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. LAMDIK, sebagai lembaga independen yang fokus pada akreditasi pendidikan tinggi, diundang untuk mengevaluasi aspek-aspek kritis yang terkait dengan program studi ini. Salah satu tujuan utama dari asesmen lapangan ini adalah untuk menilai kesesuaian kurikulum PBA dengan perkembangan terkini. Selain itu, LAMDIK juga akan mengevaluasi fasilitas pendidikan, kualifikasi dosen, dan metode pengajaran yang diterapkan oleh program studi tersebut.

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d 21 November 2023 di Laboratorium Terpadu Ruang Microteching lantai II. Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A., dan Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd., merupakan asesor yang bertugas melakukan Asesmen Lapangan di Program Studi PBA. Hadirin lainnya antara lain Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Dekan FTIK beserta jajaran, Dekan FEBI, Wakil Direktur Pascasarjana, Kepala UPT. Bahasa, Kepala Perpustakaan, Ketua LPM, Sekretaris LP2M, Ketua Program Studi, Kepala Kampus, Dosen, dan Tenaga Kependidikan, seluruhnya berjumlah tiga puluh lebih.


Dalam sambutannya, Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, M.H.I., menyampaikan apresiasi kepada Dekan FTIK beserta tim yang telah mempersiapkan asesmen lapangan ini. "Semoga proses yang telah dilaksanakan tidak menghianati hasil. Saat ini, Program Studi PBA sudah memperoleh akreditasi A, semoga kehadiran Bapak Asesor menjadi cahaya bagi PBA untuk memperoleh skor lebih tinggi dari sebelumnya." ucap beliau.

Ketua Program Studi PBA, Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas kesediaan tim asesor yang berkunjung ke IAIN Palangka Raya. Beliau menyampaikan "Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mahasiswa PBA. Prodi PBA telah menyiapkan semaksimal mungkin, dan kami optimis akan meraih hasil yang memuaskan, yaitu Unggul."

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A., selaku salah satu Tim Asesor LAMDIK, dalam sambutannya meyakini bahwa Program Studi PBA memiliki inovasi yang baru dan berbeda dengan sebelumnya. "Ini merupakan kesempatan baik bagi kami untuk kembali melihat konsistensi dan progres dari Program Studi PBA. Sebagai asesor, kami berharap proses asesmen lapangan bisa lebih baik lagi, terutama jejak digital yang pernah dilakukan selama lima tahun terakhir. Kami berusaha untuk mencari, menemukan, mencatat, dan melaporkan jejak digital yang telah dilakukan. Kami yakin perjalanan lima tahun terakhir pasti membawa perubahan dan keunikan baru." ucap beliau.

Tim akreditasi PBA sudah berusaha semaksimal mungkin. Harapannya semoga Program Studi PBA dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap dunia pendidikan. Dengan kerja keras dan dedikasi bersama, kita berharap melihat peningkatan kualitas dan prestasi yang lebih gemilang di masa depan.

Posting Komentar

0 Komentar