About Me

header ads

IAIN Palangka Raya Gelar Peringatan Hari Santri dengan Meriah

Palangka Raya, 25 Oktober 2023 - Hari Santri tahun ini dirayakan dengan penuh semangat dan kegembiraan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Kegiatan apel hari santri yang digelar pada Minggu, 22 Oktober 2023 tersebut menjadi momen istimewa bagi ribuan santri yang berkumpul di kampus tersebut.

IAIN Palangka Raya mengangkat tema " Jihad Santri Jayakan Negeri ". Pada peringatan hari santri IAIN Palangka Raya yang menjadi tuan rumah dalam kegiatan perayaan hari santri memberikan kesan yang cukup gemilang karena dapat menggelar hari santri dengan sangat meriah dengan berbagai kegiatan yang menarik hal ini tentunya dapat di buktikan dari banyaknya jumlah peserta yang ikut berpartisipasi hadir lebih dari 5000 peserta.

Peringatan Hari Santri di IAIN Palangka Raya diawali dengan kegiatan apel yang dihadiri oleh civitas akademika, termasuk dosen, pegawai, dan tentu saja para santri dari seluruh pondok pesantren Kalimantan Tengah. Pada Acara ini, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah hadir sebagai pembina apel dan Rektor IAIN Palangka Raya bertindak sebagai komandan apel dalam perayaan tersebut. Pada tahun 2023 ini, tema yang diangkat dalam peringatan Hari Santri adalah "Upaya Santri untuk Meningkatkan Kualitas Negara." Tema ini mengandung makna bahwa konsep jihad dalam Islam tidak hanya berarti pertempuran fisik, melainkan melibatkan usaha menyeluruh yang mencakup penguatan iman, peningkatan ilmu, dan perbaikan diri," demikian yang diungkapkan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, saat membacakan sambutan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.H.I., M.H.I, menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap peran santri dalam menjaga keberlanjutan nilai-nilai agama dan pengetahuan Islam. Adapun yang menambah kemeriahan pada hari peringatan Hari Santri ini adanya Expo Kemandirian Pesantren dan adapula Expo dari Instansi IAIN Palangka Raya dari berbagai jurusan termasuk juga prodi Pendidikan Bahasa Arab turut memeriahkan hari santri.


Kaprodi PBA, Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd. yang ikut hadir pada Peringatan Hari Santri pada saat di wawancarai mengatakan, "Hari Santri adalah momen penting untuk menghargai peran santri dalam melestarikan dan mengembangkan budaya dan ilmu pengetahuan di Indonesia. Kami di IAIN Palangka Raya berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan agama dan memberikan pendidikan berkualitas bagi para santri."

Hari Santri Nasional di IAIN Palangka Raya bukan hanya sebuah perayaan, tetapi juga merupakan bentuk penghargaan terhadap peran penting para santri dalam menggerakkan pendidikan agama di Indonesia. Acara ini juga mempromosikan semangat belajar dan berkembang sebagai jalan menuju masa depan yang lebih baik dan penuh cahaya.

Posting Komentar

0 Komentar