About Me

header ads

Mahasiswa Prodi PBA, Tunjukkan Tarian Khas Kalimantan Tengah

 

       

Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) ITHLA (Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Se-Indonesia) kali ini menjadi saksi dari pesona tari pesisir Kalimantan Tengah yang memukau seluruh penonton. Dalam rangkaian acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ITHLA yang diadakan pada tanggal 15 Juli 2023 di kota Banjarmasin.

Para penari dari Kalimantan Tengah menghadirkan keindahan dan kearifan budaya lewat tarian yang sarat akan makna.

Tari pesisir Kalimantan Tengah telah lama menjadi bagian penting dari budaya lokal. Dengan gerakan yang menggambarkan kehidupan masyarakat pesisir, tarian ini mengajak penonton untuk merasakan ritme alam dan kehidupan sehari-hari yang erat dengan laut dan alam sekitarnya. Para penari dari Kalimantan Tengah mampu mengemas pesan-pesan tersebut dengan begitu apik melalui penampilan mereka di panggung Rapimnas ITHLA.

Dalam penampilan yang menggambarkan perjalanan nelayan dalam mencari ikan di laut lepas, tarian ini tidak hanya memukau mata, tetapi juga menyentuh hati. Gerakan yang lembut dan dinamis menggambarkan kebersamaan dan ketergantungan manusia pada alam. Kostum-kostum tradisional yang digunakan juga mengundang decak kagum, dengan detail-detail yang memperkaya pengalaman visual penonton.

Selvi Nor Hidayah sebagai penari utama dalam pertunjukan tersebut, mengatakan, "Kami sangat bangga bisa mewakili Kalimantan Tengah dan mempersembahkan tarian pesisir kami di panggung ITHLA. Melalui tarian ini, kami ingin mengajak semua orang untuk merenungkan pentingnya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem laut."

Penampilan tari pesisir Kalimantan Tengah ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengingatkan semua orang tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Hal ini sejalan dengan misi ITHLA yang selalu mengedepankan pelestarian alam dan warisan budaya melalui seni tari.

Posting Komentar

0 Komentar