About Me

header ads

Masjid Raya Darussalam: Layanan Fasilitas Praktik Pengamalan Ibadah


Palangka Raya, 15 Februari 2022 - Masjid Raya Darussalam, yang terletak di Jalan G. Obos no. 12, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, tidak hanya sekadar sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat pendidikan dan pengembangan spiritual khususnya bagi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Masjid yang mempesona ini berada di dalam kawasan Islamic Center Kota Palangka Raya, sangat strategis karena berdekatan di tengah kota dan dekat dengan lokasi kampus IAIN Palangka Raya, menjadikannya salah satu ikon penting Kota Palangka Raya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa IAIN Palangka Raya di masjid raya Darussalam adalah Praktik Pengamalan Ibadah (PPI). PPI adalah mata kuliah wajib yang ditujukan untuk mahasiswa semester 4 IAIN Palangka Raya. Mata Kuliah ini bertujuan untuk membantu mereka memahami dan melaksanakan ibadah Islam sesuai dengan ajaran dan tuntunan yang benar. Praktek Pengamalan Ibadah ini dilakukan dengan bimbingan dari dosen pembimbing.

Kegiatan PPI akan dilaksanakan dalam tiga rolling (bidang), dengan setiap rolling berlangsung selama tiga minggu. Mahasiswa yang terdaftar akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan program studi dan kelas mereka. Setiap kelompok akan mengikuti setiap bidang PPI, dan total terdapat 17 kelompok dalam setiap rolling. untuk waktu pelaksanaannya tergantung kesepakatan antara dosen pembimbing dan mahasiswa dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan.

Mahasiswa PBA melaksanakan PPI di masjid raya Darussalam pada hari senin (5 September 2022). Mereka praktik materi bidang I (Thaharah dan Shalat). Pada pertemuan tersebut mereka mempraktikkan tata cara dan bacaan-bacaan dalam shalat wajib dan sunnah. Mereka memilih melaksanakan PPI di masjid karena di masjid sudah tersedia fasilitas-fasilitas yang dapat mempermudah kegiatan PPI mereka.


Selain PPI, kegiatan lain yang dilakukan mahasiswa IAIN Palangka Raya di masjid raya Darussalam adalah Bimbingan Membaca Qur’an (BMQ) dan Praktik Membaca Qur’an (PMQ).

PPI di Masjid Raya Darussalam adalah kesempatan berharga bagi mahasiswa Prodi PBA untuk mengasah keterampilan mereka dalam praktik ibadah, serta memperdalam pemahaman mereka tentang ajaran Islam. Dengan bimbingan dari dosen pembimbing yang berkompeten dalam ilmu agama Islam, diharapkan mahasiswa ini akan menjadi individu yang lebih kuat dalam iman dan lebih kompeten dalam melaksanakan ibadah mereka. Masjid Raya Darussalam terus berperan sebagai pusat pendidikan agama Islam yang sangat berharga khususnya bagi mahasiswa IAIN Palangka Raya.

Posting Komentar

0 Komentar