About Me

header ads

Wujudkan Kampus Merdeka, Mahasiswa PBA Diterjunkan Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun 2022

Kamis (03/02/2022). Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik resmi di launching oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya yakni Ibu Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd  bersama dengan Ketua Kecamatan Bukit Batu Tangkiling serta dihadiri pula oleh para panitia Program Kampus Merdeka KKN Tematik Tahun 2022.


KKN Tematik merupakan salah satu program dari 8 program yang ada dalam kampus merdeka. Sedangkan kampus merdeka sendiri adalah sebuah trobosan baru dari Menteri Pendidikan Indonesia dalam mengembangkan dunia pendidikan dan menfasilitasi para mahasiswa dalam mengembangkan skill serta potensi diri.



KKN Tematik sendiri adalah progran perdana dari kampus merdeka yang dilaksankan oleh IAIN Palangka Raya lebih tepatnya di Fakultas Tarbiyah dan  Ilmu Keguruan (FTIK). Program ini diadakan dengan tujuan untuk membangun Desa yang nantinya akan menjadi lokasi dimana KKN Tematik ini berlangsung. Program ini diikuti oleh 4 Program Studi yg ada di FTIK diantaranya ; Program studi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Tadris Fisika, Program Studi Tadris Biologi dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Mengambil ranah "Tematik" , tentu ada tujuan khusus yang harus dicapai dalam program ini. Dengan lama waktu pelaksanaan program yang berlangsung ±5 bulan, tentu penyusunan program KKN Tematik di masing-masing wilayahnya harus terstruktur. Fokus tema pada program ini terbagi menjadi dua yaitu : Literasi Al-Qur'an dan Pertanian.

Dalam kegiatan ini ada 30 Mahasiswa pilihan yang diterjunkan untuk mengikuti  program KKN Tematik Tahun 2022. Dari mereka pula dibagi lagi menjadi 3 kelompok dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 10 orang. Kemudian ketiga kelompok ini di arahkan dan di antar kelokasi dimana mereka akan melaksanakan KKN Tematik.

Lima (5) orang Mahasiswa PBA terpilih dan direkomendasikan untuk dapat berpartisipasi pada program KKN Tematik tahun 2022 diantaranya yaitu Ahmar Umar Faruq, Marliana Sya'diah , Khoeriyah Ajeng Prasasti, Ridha Rahmatannisa Ramadhani, dan Ahmad Sukriansyah.

Saat launching program KKN Tematik 2022, Bapak Dr. H. Khairil Anwar, M. Ag selaku Rektor IAIN Palangka Raya mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi sekali program KKN Tematik. Beliau juga tak lupa memberi pesan kepada para mahasiswa yang akan di terjunkan kelokasi KKN Tematik untuk tetap menjaga 5C selama berada di lokasi KKN. 5C tersebut antara lain yaitu Chararter, Communication, Critical thinking,  Collaboration dan Creativity.




Ibu Aulia Mustika Ilmiani, M. Pd selaku salah dosen PBA mengucapkan sukses dan lancar untuk kelima mahasiswa PBA yang berangkat KKN Tematik, semoga dapat menjalankan amanah dengan baik dan benar  menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa lainnya. (by Angkasa)

Posting Komentar

0 Komentar