About Me

header ads

Karya Kreatif dalam Project UAS Videografi Pembelajaran Bahasa Arab

Palangka Raya, 15 Juni 2025 — Sebanyak 28 mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Negeri (UIN) Palangka Raya mempresentasikan hasil karya videografi mereka dalam rangka Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Videografi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kegiatan ini berlangsung meriah pada Sabtu pagi, pukul 08.00 hingga 11.30 WIB, di Gedung Aula Asmaul Husna.

Kegiatan ini merupakan bentuk penilaian akhir dalam mata kuliah Videografi dalam Pembelajaran Bahasa Arab yang diampu oleh Ibu Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd.. Melalui kegiatan ini, mahasiswa ditugaskan untuk membuat video pembelajaran Bahasa Arab dengan pendekatan kreatif, tematik, dan aplikatif yang dapat digunakan dalam konteks pendidikan formal maupun nonformal.



Dalam sambutannya, Ibu Aulia menjelaskan bahwa tugas ini bukan hanya sebagai penilaian akademik, tetapi juga sebagai wadah aktualisasi kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran yang kontekstual.

    "Kami ingin mahasiswa tidak hanya menguasai teori, tetapi juga mampu memproduksi media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan zaman. Melalui videografi, mereka belajar menjadi guru sekaligus kreator konten edukatif Bahasa Arab," ujarnya.

 Penampilan Drama
 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Palangka Raya, Dr. Nashir, M.Pd., yang dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang inovatif dan berbasis praktik seperti ini. "Kegiatan ini merupakan bukti bahwa pembelajaran Bahasa Arab tidak harus monoton dan konvensional. Mahasiswa perlu dibekali keterampilan digital agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi pendidikan dan kolaborasi antara keterampilan digital, pedagogi, dan kecintaan terhadap bahasa Arab. Mahasiswa belajar menjadi guru yang inovatif sekaligus pembuat konten edukatif,” tutur beliau di hadapan peserta." tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini jajaran dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Wakil Dekan III Bidang Akademik, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, perwakilan HMPS PBA, serta mahasiswa dari berbagai angkatan sebagai penonton dan pendukung. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih tiga setengah jam. Dimulai tepat pukul 08.00 WIB, acara dibuka dengan sambutan-sambutan, dan dilanjutkan sesi inti pemutaran video hasil karya mahasiswa. Suasana aula begitu hidup dengan tepuk tangan, tawa, dan decak kagum dari para peserta yang menikmati penayangan video pembelajaran yang penuh kreativitas.

Gedung Aula Asmaul Husna UIN Palangka Raya disulap menjadi semacam studio mini. Panggung kecil dilengkapi layar lebar, sound system, dan pencahayaan sederhana. Tema besar “Di Ujung Usaha Ada Cahaya: Man Jadda Wajada” dipilih sebagai pesan utama yang ingin disampaikan dalam kegiatan ini. Melalui karya videografi, mahasiswa tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Arab, tetapi juga menginternalisasi nilai perjuangan, semangat belajar, dan harapan yang relevan dalam kehidupan akademik dan spiritual.
 

“Kami ingin mahasiswa belajar bahwa keberhasilan itu hasil dari kerja keras dan proses yang serius. Tema ini sangat tepat untuk menggambarkan perjalanan mereka selama satu semester,” ungkap Ibu Aulia dalam sambutan reflektifnya.

Di akhir acara, dosen pengampu memberikan apresiasi, kesan dan pesan untuk seluruh mahasiswa Prodi PBA Khususnya mahasiswa semester VI.  Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya diuji dalam kemampuan berbahasa Arab, tetapi juga dilatih untuk menjadi guru kreatif, kolaboratif, dan adaptif terhadap teknologi pendidikan. Pendekatan project-based learning berbasis videografi ini diyakini mampu meningkatkan motivasi belajar, keterampilan komunikasi, dan semangat berkarya di era digital.

    “Saya merasa bangga karena dari nol kami belajar produksi video, menyusun skenario, sampai editing. Hasilnya bisa kami jadikan portofolio sebagai calon pendidik,” kata Fazri, mahasiswa Prodi PBA semester VI dalam sambutannya

Kegiatan ini membuktikan bahwa evaluasi akhir semester tidak harus dilakukan secara konvensional. Justru melalui proyek berbasis nilai dan kreativitas seperti ini, mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan akademik dan sikap profesional sekaligus. Tema “Man Jadda Wajada” benar-benar menjadi napas dari seluruh proses yang dijalani, mulai dari perencanaan, produksi, hingga presentasi hasil karya.

Dengan kegiatan ini, Prodi PBA UIN Palangka Raya semakin meneguhkan komitmennya untuk melahirkan pendidik Bahasa Arab yang profesional, inovatif, dan visioner di tengah tantangan zaman.(AMI)


Posting Komentar

0 Komentar