About Me

header ads

HMPS PBA Mengadakan Kegiatan Tutor Sebaya

 

Palangka Raya - Tutor sebaya menjadi salah satu cara untuk memfasilitasi mahasiswa prodi pendidikan bahasa Arab dalam belajar bersama- sama dan termasuk forum diskusi yang mana pelaksanaan kegiatan ini dibimbing langsung oleh Mahasiwa/i tingkat atas (kating). Adapun tujuan dari kegiatan tutor sebaya ini adalah memberikan bimbingan dan  dukungan  kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari Bahasa Arab serta meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam menggunakan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.


        Kegiatan tutor sebaya ini di adakan oleh HMPS PBA, serta didukung langsung oleh kaprodi PBA, yang mana kegiatan ini wajibkan untuk seluruh mahasiswa baru dan di laksanakan pada setiap tahunnya di halaman gedung MIPA. Kegiatan ini juga dilaksanakan rutin setiap satu minggu sekali tepatnya pada hari Minggu sore.


                                      

       Pada kegiatan ini terdapat pembagian kelompok agar mempermudah pembimbingan mahasiswa, dan saat ini di bagi menjadi 3 kelompok, nama - nama kelompok yaitu firqoh Utsman bin Affan, firqoh Ali bin Abi Thalib, firqoh Umar bin Khattab. Pada setiap pertemuan yang akan dilaksanakan sebelumnya mahasiswa akan ada pertemuan via online/ google meet untuk penjelasan materi dasar seperti nahwu atau shoraf. Kemudian di hari minggu pertemuannya, masing-masing dari mahasiswa akan mempresentasikan atau mengajarkan kepada teman-teman kelompoknya yang lain apa yang telah di pahami tentang nahwu atau shoraf tersebut. 

Adapun kegiatan lainnya selain belajar nahwu dan shoraf adapula game atau permainan kosa kata dan kalam yang mana mahasiswanya bisa lebih termotifasi dalam meningkatkan pembelajaran khuusnya bahasa Arab. kegiatan Ini juga menjadi langkah awal untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang ada di program studi PBA dan meningkatkan akreditasi PBA itu sendiri. 





       Tidak hanya itu saja tujuan kegiatan tutor sebaya ini mempunyai beberapa manfaat. Adapun manfaat lain adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi, meningkatkan pemahaman lebih mendalam terkait dengan pengalaman yang di miliki tutor dalam belajar Bahasa Arab dan memotivasi serta mendukung kegiatan yang ada di prodi PBA serta memotivasi mahasiswa untuk lebih termotivasi lagi dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Posting Komentar

0 Komentar