About Me

header ads

Bengkelisasi Microteaching

[Palangka Raya, Kalimantan Tengah], [Senin, 26 Juni 2023]

Setelah dilakukan proses pemantauan dan evaluasi ujian tahap I dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi mata kuliah Praktek Mengajar (PM) dan dianalisis terkait penyebab ketidak capaian standar dalam mengajar, Panitia dan dosen Pembimbing PM telah mengadakan sebuah program inovatif yang dikenal sebagai "Bengkelisasi Microteaching." Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan dan pembinaan khusus kepada mahasiswa yang tidak lulus dalam ujian PM I.

Mahasiswa yang tidak berhasil dalam ujian PM I akan diberikan kesempatan untuk mengikuti Bengkelisasi Microteaching. Program ini dirancang untuk membantu mereka memahami konsep dasar dalam pengajaran dan meningkatkan keterampilan mereka dalam mengajar secara efektif.

Berikut adalah beberapa poin utama terkait dengan Bengkelisasi Microteaching di FTIK IAIN Palangka Raya:

Target Mahasiswa: Program ini terbuka untuk semua mahasiswa yang tidak lulus dalam ujian PM I. Mahasiswa yang ingin mengikuti Bengkelisasi Microteaching diharapkan mendaftar dalam waktu yang telah ditentukan.

Jadwal: Bengkelisasi Microteaching akan dilaksanakan selama dua minggu, Setiap sesi berlangsung selama dua jam.

Materi: Peserta akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang konsep dasar pengajaran, teknik pengajaran yang efektif, dan bagaimana berkomunikasi dengan siswa secara efisien.

Instruktur: Program ini akan dipandu oleh dosen berpengalaman di bidang pendidikan, yang akan memberikan bimbingan dan umpan balik kepada peserta.

Evaluasi: Setelah menyelesaikan Bengkelisasi Microteaching, peserta akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian ulangan. Hasil dari ujian ulangan ini akan menjadi penentu apakah mereka telah berhasil memperbaiki nilai PM I mereka.

Pembinaan: Bagi peserta yang berhasil memperbaiki nilai mereka dalam ujian ulangan, Panitia dan dosen Pembimbing PM akan memberikan pembinaan tambahan dalam bentuk mentorship dan dukungan akademik untuk membantu mereka mencapai potensi maksimal mereka.

Panitia dan dosen Pembimbing PM ikut serta pada program Bengkel Microteaching ini, Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd., mengatakan, "Kami percaya bahwa setiap mahasiswa memiliki potensi untuk menjadi pengajar yang efektif. Dengan mengadakan program Bengkelisasi Microteaching, kami berharap dapat memberikan kesempatan kedua kepada mahasiswa yang belum berhasil dalam PM I untuk memperbaiki keterampilan mereka dalam pengajaran."

Program ini merupakan langkah positif yang diambil oleh Panitia dan dosen Pembimbing PM untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa mahasiswa siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan yang sebenarnya. Harapan besar ada pada keberhasilan mahasiswa yang mengikuti Bengkelisasi Microteaching dan dapat mengambil manfaat maksimal dari program ini.


Posting Komentar

0 Komentar