About Me

header ads

Mahasiswa PBA IAIN Palangka Raya Mengikuti dengan Antusias Pelatihan Qira'atul Kutub

Palangka raya - Juli 2023, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya mengikuti kegiatan pelatihan qira'atul kutub yang menghadirkan wawasan baru dan mendalam tentang karya-karya klasik dalam bahasa Arab. Kegiatan ini berlangsung selama beberapa pekan dan melibatkan dosen-dosen PBA sebagai pembimbing.

Peserta pada kegiatan Pengembangan Qira'atul Kutub Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Semester ini Jurusan Pendidikan Bahasa  FTIK IAIN Palangka Raya semester VI sebanyak 30 Orang.

Pelatihan qira'atul kutub ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa PBA dengan keterampilan membaca dan memahami karya-karya penting dalam bahasa Arab yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi keilmuan Arab. Mahasiswa diberikan kesempatan unik untuk memperdalam pemahaman tentang teks-teks klasik dan relevansinya dalam konteks budaya dan bahasa Arab modern.

Dr. Ahmadi, M.S.I., salah satu dosen yang terlibat dalam pelatihan, membahas teknik-teknik penting dalam membaca teks-teks klasik dengan akurat dan benar. Dengan pengalaman luasnya dalam bahasa Arab, beliau membantu mahasiswa memahami pentingnya intonasi dan artikulasi yang tepat dalam membaca teks-teks klasik.

Dr. Marsiah, M.A. dalam pelatihan ini fokus pada konteks sejarah dan budaya teks-teks klasik yang dibahas. Dengan pemaparan yang mendalam, mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana teks-teks tersebut menjadi landasan penting dalam perkembangan bahasa dan budaya Arab.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd., mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan langkah penting dalam memperluas wawasan mahasiswa PBA. "Dengan mendalami qira'atul kutub, mahasiswa dapat mengakses warisan ilmiah dan budaya Arab yang kaya, serta mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang bahasa Arab," katanya.

Antusiasme mahasiswa terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam sesi pelatihan. Mereka mengajukan pertanyaan, berdiskusi, dan menunjukkan ketertarikan dalam memahami teks-teks klasik dengan lebih baik.

Pelatihan qira'atul kutub ini memberikan mahasiswa PBA peluang berharga untuk mengasah kemampuan membaca dan memahami teks-teks klasik dalam bahasa Arab. Diharapkan, pengetahuan yang mereka peroleh akan membekali mereka dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang bahasa Arab dan budaya Arab yang kaya.

Posting Komentar

0 Komentar