About Me

header ads

Dosen Pengampu MK pada Prodi PBA mengikuti Pelatihan Penyusunan RPS

 


Rabu, 24 Mei 2023. FTIK IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan pelatihan penyusunan Rencana Pelaksanaan Semester dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Dr. Nurul Wahdah, M.Pd selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, dalam sambutannya beliau menghimbau seluruh dosen dilingkungan FTIK IAIN Palangka Raya, dapat mengikuti kegiatan ini hingga akhir, dan diharapkan nantinya dapat mengevaluasi Rencana Pelaksanaan Semester yang telah dibuat, untuk kemudian direvisi sesuai dengan hasil dari pelatihan ini. Turut serta berhadir dalam kegiatan ini dosen dosen pengampu mata kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), para dosen pengampu mata kuliah ini mengikuti kegiatan pelatihan  ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting dari pukul 13.00 hingga pukul 17.00 WIB. Adapun yang menjadi narasumber dalam pelatihan ini adalah Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si., dosen di Universitas Negeri Surabaya.

Pelatihan yang diikuti oleh dosen pengampu mata kuliah PBA ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penyusunan rencana pelaksanaan semester yang efektif dan efisien. Rencana pelaksanaan semester merupakan dokumen penting yang akan menjadi panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran selama satu semester, dalam pelatihan tersebut, para dosen mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, mereka juga diberikan informasi tentang penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang inovatif, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Para dosen pengampu mata kuliah PBA sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut dan berharap dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pengajaran mereka.



Dengan adanya pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan semester ini, diharapkan kualitas pembelajaran pada Program Studi PBA dapat terus ditingkatkan. Para dosen pengampu mata kuliah siap menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi mahasiswa.

Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd salah satu dosen pengampu mata kuliah PBA, mengungkapkan kegembiraannya atas kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini. Menurutnya, pelatihan tersebut memberikan wawasan baru dalam penyusunan capaian pembelajaran dan strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab.

"Melalui pelatihan ini, kami dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan kami dalam merencanakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi mahasiswa. Kami juga dapat mengintegrasikan teknologi yang relevan dalam proses pembelajaran," kata Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd. (Postedbyami)


Posting Komentar

0 Komentar