About Me

header ads

Metode Menghafal Mufradat Sambil Bernyanyi

 

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) IAIN Palangka Raya menggelar kegiatan inovatif "Menghafal Mufrodat dengan Bernyanyi" pada tanggal 10 Februari 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja divisi pengembangan bahasa yang bekerja sama dengan organisasi FILAR (Firqoh al-Lughah al-Arabiyyah). Tak hanya itu, kegiatan ini dilaksanakan selama satu semester, berbarengan dengan kegiatan tutor sebaya. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang MIPA.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberikan materi mengenai mufrodat-mufrodat dan diajarkan untuk menghafalnya dengan menggunakan metode bernyanyi dengan nada tertentu. Metode ini dipilih dengan tujuan untuk menghilangkan kejenuhan dalam proses belajar dan memberikan kesenangan kepada mereka, sehingga dapat meningkatkan penguasaan dan menambah perbendaharaan kosakata.

Yulia Rahmah, M.Pd., selaku dosen PBA, menjadi pembimbing langsung dalam kegiatan ini. Ia berharap bahwa kegiatan "Menghafal Mufrodat dengan Bernyanyi" dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari kosakata bahasa Arab dengan cara yang lebih menarik dan menghibur. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat lebih mudah mengingat kosakata tersebut dan mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari dengan lebih lancar.

"Tujuan penggunaan lagu dalam pembelajaran kosakata ini adalah untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar dan memberikan kesenangan kepada mereka sehingga dapat meningkatkan penguasaan atau menambah perbendaharaan kosakata," ungkap Yulia Rahmah, M.Pd.

HMPS PBA berkomitmen untuk terus menghadirkan kegiatan inovatif yang dapat memotivasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa PBA. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam pembelajaran bahasa Arab di lingkungan kampus.

Posting Komentar

0 Komentar