About Me

header ads

Inovatif : Metode Menghafal Mufrodat Dengan Bernyanyi Pada Kegiatan tutor Sebaya

 

Palangka Raya, 9 September 2022 – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) IAIN Palangka Raya telah meluncurkan kegiatan inovatif "Menghafal Mufrodat dengan Metode Bernyanyi" pada tanggal 9 September 2022. Kegiatan ini merupakan bagian integral dari program kerja divisi pengembangan bahasa yang berkolaborasi dengan organisasi FILAR (Firqoh al-Lughah al-Arabiyyah). Menariknya, kegiatan ini berlangsung selama beberapa pekan secara bersamaan dengan kegiatan tutor sebaya. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman MIPA.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan materi mengenai mufrodat-mufrodat dan belajar menghafalnya melalui metode bernyanyi dengan nada tertentu. Penggunaan lagu dalam pembelajaran kosakata ini bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan dalam proses belajar dan memberikan kesenangan kepada mereka, sehingga dapat meningkatkan penguasaan dan menambah perbendaharaan kosakata.

Yulia Rahmah, M.Pd., dosen PBA, menjadi pembimbing langsung dalam kegiatan ini. Beliau berharap bahwa kegiatan "Menghafal Mufrodat dengan Metode Bernyanyi" dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari kosakata bahasa Arab dengan cara yang lebih menarik dan menghibur. Diharapkan, hal ini memudahkan mereka dalam mengingat kosakata tersebut dan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari dengan lebih lancar.

"Tujuan penggunaan lagu dalam pembelajaran kosakata ini adalah untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar dan memberikan kesenangan kepada mereka sehingga dapat meningkatkan penguasaan atau menambah perbendaharaan kosakata," ungkap Hamdani, ketua HMPS PBA IAIN Palangka Raya.

HMPS PBA terus berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan inovatif yang memotivasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa PBA. Semoga kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang positif dan mendukung pemahaman mahasiswa terhadap bahasa Arab.

Posting Komentar

0 Komentar