Rabu, 10 November 2021

IAIN Palangka Raya Sukses Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab XIII


    IAIN Palangka Raya mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pada kegiatan  Pekan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) ke-XIII Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Ikatan Pengajar Bahasa Arab (IMLA) Indonesia. PINBA adalah kegiatan pertemuan guru Bahasa Arab seluruh Indonesia dan juga luar Negeri. Kegiatan ini dilaksanakan secara online selama dua hari, mulai  tanggal 3 – 4 November 2021. Pada hari pertama, Ketua IMLA Indonesia yakni Bapak Dr. H Tulus Musthofa, Lc, MA turut hadir kelokasi kegiatan untuk menyapa panitiasecara langsung.



Pada hari pertama, kegiatan webinar diisi  oleh Narasumber yang berasal dari berbagai macam negara. Diantaranya yaitu
.  Prof. Dr. Mohamed Daud (Sundan), Prof. Dr. Sukron Kamil (Indonesia) , Prof. Dr. Fatima Husaini (Maroko), Dr. Kholid Husain Abu Amsyah (Jordan), Dr. Almukhtar Ahmad Mohamed (Mauritania),  Dr. Ahmad Hasan Mohamed Ali (Turki). Dihari kedua pada tanggal 4 , kegiatan  dilanjutkan dengan Presentasi Paralel yang diikuti oleh 116 peserta dari seluruh penjuru dunia mulai dari berbagai kalangan dosen, mahasiswa, dan juga guru-guru bahasa dari berbagai negera Arab.

Kegiatan PINBA ke-XIII Ini mempunyai tema “Kajian Dan Pembelajaran untuk Non-Native Speaker di Era Digitilisasi",  oleh karena itu tujuan kegiatan ini selain menjalin silahturahmi antara guru – guru bahasa arab juga menjadi wadah bagi para pegiat bahasa Arab menjadi pembicara nasional dan internasional serta untuk saling bertukar informasi tentang bagaimana menjadi guru bahasa arab yang dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.


Walaupun acara ini dilaksanakan secara Online dikarenakan masa Pandemi,  acara tetap meriah dan berjalan dengan lancar. Meski terdapat beberapa kendala seperti sinyal dan juga waktu yang berbeda-beda antar negara.  Kendala-kendala sewaktu kegiatan berlangsung, buka suatu alsan untuk tidak mensukseskan proses berlangsungnya acara. Kesuksesan tersebuut merupakan karena hasil kerjasama yang solid antara para Dosen Prodi Pendidikan  Bahasa Arab dan juga para mahasiswa PBA. Salah satu dosen di prodi pendidikan bahasa arab yang menjadi panitia dari kegiatan PINBA ke-13  memberikan tanggapan untuk kegiatan ini selanjutnya.




“Ibu berharap akan semakin banyak lagi para mahasiswa ikut berpartisipasi sebagai pembicara atau active speaker dalam kegiatan selanjutnya.”

Reporter : Agus Salafina
Editor : Khoeriyah Ajeng Prasasti










0 komentar:

Posting Komentar