About Me

header ads

Dosen PBA Adakan Kegiatan Pelatihan Qira'atul Kutub Pada Mahasiswa


Program Studi PBA melakukan pelatihan Qira'atul Kutub pada 5 Juli 2021Adapun dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut terdiri dari Dr. Ahmadi, M.S.I, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd.


Kegiatan Qira'atul Kutub adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dan memberi pengetahuan kepada mahasiswa PBA bagaimana cara untuk mempelajari kitab kuning (kitab klasik berbahasa Arab gundul/tanpa harakat). 


Sebagai mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab, kitab kuning (bahasa Arab gundul/tanpa harakat) bukanlah hal yang asing. Mahasiswa PBA mendapat tuntutan untuk mampu mengkaji kitab kuning. Pelatihan qira'atul kutub merupakan alat bagi mahasiswa untuk bisa membaca dan mengkaji kitab kuning.


Mahasiswa yang mahir berbahasa Arab tentunya mempunyai potensi untuk bisa membaca kitab kuning gundul. Potensi ini akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk membuat karya ilmiah. Jika mahasiswa mampu membuat karya ilmiah berbahasa asing maka ini akan menjadi nilai lebih karena ia membuka satu langkah untuk mampu bersaing di dunia internasional. Oleh karena itu, keterampilan qira'atul kutub sangat penting dikuasai oleh mahasiswa PBA. 


Untuk meningkatkan kemampuan qira'atul kutub mahasiswa PBA, para dosen PBA mengadakan kegiatan pelatihan qira'atul kutub. Dalam kegiatan ini mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok akan mendapatkan dosen pembimbing yang akan membimbing qira'atul kutub mereka. 


Adapun komponen yang dipelajari dalam kegiatan ini terdiri dari bacaan (bunyi) maqra, yang terbagi terdiri dari makhraj, intonasi, kecepatan, bentuk sharf dan harakat i'rab. Selain itu juga makna pemahaman maqra tersebut baik terjemah, kandungan makna serta ringksasan atau kesimpulan yang dibaca dari kitab kuning itu tersebut. 


Sebagai dosen yang merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi, dosen perlu mengembangkan kompetensi dan keterampilannya serta keterampilan mahasiswanya. Pelatihan ini dilengkapi dengan latihan-latihan yang membantu para mahasiswa/i untuk memperhatikan kaidah-kaidah yang telah ditentukan, sehingga dapat membantu memahami makna dari setiap teks yang dibaca.


Dr. Ahmadi, M.S.I selaku dosen PBA mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mengaplikasikan konsep gramatika dalam pembelajaran bahasa Arab dan mampu menghasilkan karya tulis yang baik dan benar secara gramatikal.


Semoga pelatihan qira'atul kutub ini dapat meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa dalam membaca kitab-kitab klasik bahasa Arab.

Posting Komentar

0 Komentar