Kamis, 21 Desember 2017

FTIK IAIN Datangkan Dosan Tamu Dirangkai MoU dengan Himpunan Penerjemah

PBA PALANGKA RAYA - Jurusan Pendidikan Bahasa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, menggandeng praktisi penerjemah yang telah bergelut dalam bidang penerjemahan selama bertahun-tahun. Dua nama tenar yang digandeng yakni Ketua Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI), Hananto P Sudharto SH dan Sekretaris HPI Anna Wiksmadhara. Mereka didatangkan untuk menjadi dosen tamu dalam agenda kuliah tamu semester genap tahun akademik 2016/2017, Sabtu (29/4) lalu.
“Kegiatan ini untuk mendukung keterampilan mahasiswa dan alumni Program Studi Tadris (Pendidikan, Red) Bahasa Inggris (TBI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Sehingga, mereka tidak hanya memiliki keterampilan menjadi guru, tutor pada bimbel atau juga pada lembaga kursus. Namun, juga menjadi penerjemah,” ungkap Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN Palangka Raya, Santi Erliana MPd.
Diungkapkannya, dengan tujuan yang ada serta kampus yang memiliki visi dan visi yang terencana, terprogram serta fasilitas pendukung dan sumber daya manusia berkualitas. Dirinya mengatakan untuk tidak ragu kuliah di IAIN Palangka Raya. Ditambahkannya, kegiatan tersebut sebagai perwujudan perjanjian kerjasama (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor IAIN Palangka Raya dengan Ketua HPI.
“Agenda wajib pada semua prodi. Yang mana setiap semester, para pakar dihadirkan. Sehingga berdampak pada kemampuan mahasiswa dan alumni untuk menjadi job producer dan tidak hanya menjadi job seeker" lanjutnya.
Selain itu, alumni juga dibekali kemampuan menjadi pemandu wisata dan pendiri lembaga kursus.
“Saat ini setidaknya ada empat lembaga pelatihan dan kursus yang didirikan oleh alumni Jurusan Pendidikan Bahasa. Diantaranya Yayasan Itah Batuah di Kabupaten Seruyan, Cerdas Sampit di Sampit, Brilliant Learning Guide di Kuala Kapuas, TL Bimbel di Palangka Raya serta LKP Happy Comp di Pangkalan Bun,” ungkapnya. (ami/b-5/end/iha).
Sumber:  http://kalteng.prokal.co/read/news/37815-ftik-iain-datangkan-dosan-tamu.html

0 komentar:

Posting Komentar