Kompetensi utama lulusan: "Menjadi
guru/pendidik Bahasa Arab di madrasah yang berkepribadian baik,
berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang pendidikan bahasa Arab"
penjelasannya sebagai berikut:
- Memiliki kemampuan mendidik dan membelajarkan bahasa Arab; yang diperoleh dari mata kuliah Ilmu Pendidikan, Tathwir Manhaj al-Lughah al-Arabiyyah, Takhtith Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah, Tahlil al-Mawad al-Lughah al-Arabiyyah, Thuruq Tadris al-Lughah al-Arabiyah, Istiratijiyat Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyyah ala Asas al-Tiknulijiya al-Haditsah, Istiratijiyat Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah ala Asas al-Tadqiq wa al-'Ibda'i, Al-Wasail al-Musa'adah Li Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah, Tathwir al-Wasail al-Ibda'yyah Fi Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah, Taqwim Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah, Teknologi Informasi, Tathbiq Al-Tadris al-Mushaggar dan Tathbiq Al-Tadris al-Maidany. Dari mata kuliah-mata kuliah tersebut lulusan sudah dibekali pemahaman tentang pengembangan kurikulum bahasa Arab, perencanaan pembelajaran, penentuan materi yang sesuai dengan karakteristik siswa, penerapan berbagai strategi dan metode pembelajaran bahasa Arab yang cocok, menarik dan variatif berbasis IT, pemanfaatan, pengembangan dan penyusunan media pembelajaran bahasa Arab berbasis IT, pelaksanaan evaluasi hasil belajar bahasa Arab siswa serta penerapan keterampilan-keterampilan mengajar bahasa Arab.
- Mampu melakukan penelitian dan mengembangkan keilmuan dan kependidikan bahasa Arab sesuai dengan tuntutan zaman; yang diperoleh dari mata kuliah Manhaj al-Bahts al-Lughawy al-Kaify, Manhaj al-Bahts al-Lughawy al-Kammy, Statistik Pendidikan, Seminar Proposal dan Al-Bahs al-'Ilmy. Dari mata kuliah-mata kuliah tersebut lulusan sudah dibekali tentang metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif yang didukung statistik, selanjutnya dilatih mencari permasalahan penelitian, menyusun proposal skripsi dan mempresentasikannya sebelum proposal skripsi tersebut ditetapkan tim dan dilanjutkan ke penelitian yang sesungguhnya untuk menjadi sebuah skripsi.
- Mampu menulis karya ilmiah yang dipublikasikan dalam prosiding/ jurnal nasional dan international; yang diperoleh melalui mata kuliah Al-Kitabah al-Akadimiyyah, Manhaj al-Bahts al-Lughawy al-Kaify, Manhaj al-Bahts al-Lughawy al-Kammy.
- Memiliki motivasi yang tinggi, gemar dan aktif dalam membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara bahasa Arab yang diperoleh dari mata kuliah Al-Istima’ al-Tafsiry, Al-Istima’ al-Nâqdy, Al-Kalam Li al-Ittishal al-Yaumy, Al-Kalam Li al-Ahwal al-Rasmiyyah Wa al-Khashshah, Al-Kalam Li al-Munaqasyah Wa al-Mujadalah, Al-Qira’ah al-Mukatstsafah, Al-Qira’ah al-Nâqidah, Al-Kitabah al-Wadzifiyyah, Al-Kitabah Al-Ibda’iyyah dan Tarjamah.
Kompetensi Pendukung:
- Menguasai administrasi kependidikan; yang diperoleh dari mata kuliah Administrasi Pendidikan dan Praktik Administrasi Kependidikan.
- Menguasai berbagai strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak; yang diperoleh dari mata kuliah Istiratijiyyat Ta’li al-Lughah al-Arabiyyah li al-Athfal dan al-Al’ab al-Lughawiyyah fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah.
- Memiliki kemampuan merespons dan mengatasi permasalahan belajar bahasa Arab yang diperoleh dari mata kuliah Psikologi Belajar, Bimbingan Konseling dan Ilmu al-Nafsi wa al-Ijtima’i
Kompetensi Pilihan Lulusan:
- Menguasai keterampilan menjadi guide, yang diperoleh dari mata kuliah al-Arabiyyah li al-Siyahah, al-Arabiyyah al-‘Ammiyyah, al-Arabiyyah li al-Hajj, al-Arabiyyah li al-Masrahiyyah
- Memiliki keahlian dalam mengajar privat dan kursus bahasa Arab; al’Arabiyyah li al-Ummal al-Indunisiyyin, PTK Pembelajaran Bahasa Arab, al-Ikhtibarat fi al-Arabiyyah
- Memiliki kemampuan dasar menulis buku dan jurnalis; mata kuliah Tahlil Mawad al-Lughah al-Arabiyyah, i’dad Kitab Ta’limy, Kitabah Qishah li al-Athfal, al-Arabiyyah al-Shuhufiyyah
- Mampu menerjemah bahasa Arab ke Indonesia dan sebaliknya Terjemah Arab-Indonesia; Terjemah Indonesia-Arab, al-Mustalahat al-Haditsah, alTsaqafah al-Arabiyyah, Fiqh al-Lughah dan Ilm al-Ma’ajim
- Mampu berwirausaha; tanzim al-Masyari(Kewirausahaan), manajemen pengelolaan SDM, manajemen pengelolaan kursus
0 Komentar