Palangka Raya – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
(PBA) IAIN Palangka Raya sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan
Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan secara daring
melalui Zoom Meeting pada hari Senin, Rabu, dan Kamis, tanggal
28, 30 Maret dan 1 April 2024. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.30
hingga 12.00 WIB dengan menghadirkan narasumber ahli dari UIN Maulana
Malik Ibrahim Malang, Ahmad Makki, S.Hum., M.Pd.
Acara ini dibuka secara resmi pada Senin pagi (28
Maret 2024) oleh Dr. Santi Erliana, M.Pd, selaku Wakil Dekan Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Dalam sambutannya, beliau
menekankan pentingnya penguasaan teknologi digital dalam proses pembelajaran
bahasa, terutama di era pendidikan digital saat ini.
Turut hadir pula Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd selaku Ketua Program Studi PBA, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efektif dan menarik. Acara dipandu oleh Yulia Rahmah yang berperan sebagai moderator selama kegiatan berlangsung.
Kegiatan Pelatihan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa
Arab ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dan
mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam proses
pembelajaran Bahasa Arab. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mampu
memahami konsep literasi digital, mengenali berbagai platform dan media
pembelajaran digital, serta mengaplikasikannya dalam proses mengajar maupun
belajar. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong lahirnya inovasi pembelajaran
yang kreatif dan interaktif, sejalan dengan perkembangan teknologi dan
kebutuhan pendidikan abad ke-21.
![]() |
Mahasiswa PBA IAIN Palangka Raya |
Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini
memberikan dampak positif bagi peserta, baik dosen maupun mahasiswa. Mereka
memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya literasi digital
dalam pembelajaran Bahasa Arab, serta keterampilan praktis dalam menggunakan
berbagai aplikasi dan platform digital untuk mendesain materi ajar yang menarik
dan interaktif. Selain itu, peserta juga berhasil membuat rancangan model
pembelajaran berbasis digital yang dapat diimplementasikan di kelas. Secara keseluruhan,
kegiatan ini meningkatkan kompetensi digital peserta dan membuka wawasan baru
dalam menerapkan teknologi dalam proses pendidikan Bahasa Arab.
0 Komentar