About Me

header ads

"Integrasi Teknologi dan Bahasa: Prodi PBA IAIN Palangka Raya Selenggarakan Pelatihan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Arab"

Palangka Raya – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Palangka Raya sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada hari Senin, Rabu, dan Kamis, tanggal 28, 30 Maret dan 1 April 2024. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.30 hingga 12.00 WIB dengan menghadirkan narasumber ahli dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Ahmad Makki, S.Hum., M.Pd.


    Acara ini dibuka secara resmi pada Senin pagi (28 Maret 2024) oleh Dr. Santi Erliana, M.Pd, selaku Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya penguasaan teknologi digital dalam proses pembelajaran bahasa, terutama di era pendidikan digital saat ini.

    Turut hadir pula Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd selaku Ketua Program Studi PBA, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efektif dan menarik. Acara dipandu oleh Yulia Rahmah yang berperan sebagai moderator selama kegiatan berlangsung.

    Kegiatan Pelatihan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Arab ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memahami konsep literasi digital, mengenali berbagai platform dan media pembelajaran digital, serta mengaplikasikannya dalam proses mengajar maupun belajar. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong lahirnya inovasi pembelajaran yang kreatif dan interaktif, sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan abad ke-21.

Mahasiswa PBA IAIN Palangka Raya

    Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini memberikan dampak positif bagi peserta, baik dosen maupun mahasiswa. Mereka memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Arab, serta keterampilan praktis dalam menggunakan berbagai aplikasi dan platform digital untuk mendesain materi ajar yang menarik dan interaktif. Selain itu, peserta juga berhasil membuat rancangan model pembelajaran berbasis digital yang dapat diimplementasikan di kelas. Secara keseluruhan, kegiatan ini meningkatkan kompetensi digital peserta dan membuka wawasan baru dalam menerapkan teknologi dalam proses pendidikan Bahasa Arab.

 


Posting Komentar

0 Komentar