About Me

header ads

PWN PTK Ke–XVI 2023: Tiga Mahasiswa/i Prodi PBA Turut Berpartisipasi

Selasa 23 Mei 2023 - Tiga orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Rahmat Abadi sebagai Ketua Rancana Putra, Abdurrahman sebagai Bendahara Racana Putra, dan Maulida sebagai Sekretaris Racana Putri berkesempatan mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI Tahun 2023 yang diselenggarakan di Bumi Serambi Madinah Gorontalo. Mereka bertiga merupakan tiga orang mahasiswa dari 10 orang mahasiswa/i kontingen dari IAIN Palangka Raya.

Kegiatan pembukaan PWN 2023 ini digelar di Kampus 2 IAIN Sultan Amai Kabupaten Gorontalo diikuti oleh 1.200 peserta kontingen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di seluruh Indonesia yang telah tiba di Gorontalo satu hari sebelumnya. PWN 2023 mengusung tema "Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama" dan akan diresmikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada Senin, 22 Mei 2023. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Ali Ramdhani menyatakan bahwa tema tersebut bukan hanya menjadi semacam tagline teoritis bagi peserta pramuka, tetapi juga harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.


"Tema besar ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk menciptakan kesadaran bersama sebagai sebuah bangsa yang beragam dan selalu mengutamakan persatuan dalam perbedaan, yang pada dasarnya adalah ketentuan dari Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Ali Ramdhani di Gorontalo, pada Minggu (21/5/2023). "

Dalam kegiatan ini, saya mengingatkan peserta untuk berpartisipasi dengan sebaik-baiknya. Renungkan setiap pesan moral yang ada, tanamkan rasa cinta pada tanah air, dan tingkatkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, serta kepedulian terhadap alam semesta," tambah Kang Dani, sapaan akrabnya.

PWN juga menjadi wadah pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega yang berbasis di PTK, dengan tujuan mengaktualisasikan dan mengekspresikan potensi yang dimiliki oleh peserta, meningkatkan kemandirian, serta mendedikasikan karya dan bakti nyata di tengah masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Tri Bina Pramuka.

Dalam kesempatan ini, Abdurrahman dan Maulida juga berpartisipasi dalam pentas seni membawakan tarian daerah Kalimantan Tengah pada kegiatan PWN PTK VVI 2023, bersama anggota kontingen IAIN Palangka Raya lainnya dalam rangka meningkatkan keterampilan, serta berkontribusi dalam mewujudkan keberagaman dan perdamaian di tengah masyarakat. Kehadiran mereka menjadi bukti nyata dari komitmen mahasiswa PBA dalam berpartisipasi aktif dalam kegiatan nasional yang bernilai tinggi seperti PWN 2023.

Posting Komentar

0 Komentar