About Me

header ads

Penggunaan Produk Media Pembelajaran Bahasa Arab di SMAS IT HASANKA Boarding School

Palangka Raya, Selasa 18 Mei 2023 - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya telah berhasil mengimplementasikan penggunaan berbagai produk media pembelajaran Bahasa Arab dari produk mata kuliah Animasi Pembelajaran Bahasa Arab yang diampu oleh Aulia Mustika Ilmian, M.Pd di SMAS IT HASANKA Boarding School. Media yang digunakan antara lain e-book creator, CapCut, Animaker, Canva, Interacty, dan Educaplay.


 




Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif bagi siswa. Mahasiswa dan dosen prodi tersebut telah melakukan penelitian dan pengembangan terkait penggunaan media pembelajaran untuk Bahasa Arab, dan hasilnya dapat digunakan diberbagai sekolah salah satunya diaplikasikan pada SMAS IT HASANKA Boarding School, dalam penggunaan e-book creator, CapCut, Animaker, Canva, Interacty, dan Educaplay, mahasiswa dan dosen prodi Pendidikan Bahasa Arab membuat materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. E-book creator digunakan untuk membuat buku elektronik yang dilengkapi dengan teks, gambar, dan audio yang membantu siswa dalam mempelajari Bahasa Arab. CapCut dan Animaker digunakan untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan menghibur. Canva digunakan untuk merancang infografis yang menarik secara visual. Interacty digunakan untuk membuat konten interaktif seperti kuis dan aktivitas interaktif. Sedangkan Educaplay digunakan untuk membuat berbagai jenis latihan dan tes online.

Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd dosen pengampu mata kuliah Animasi Pembelajaran Bahasa Arab pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Palangka Raya, menjelaskan bahwa penggunaan berbagai produk media pembelajaran ini bertujuan untuk membuat pembelajaran Bahasa Arab lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa.

"Kami ingin memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran modern untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa, dengan menggunakan e-book creator, CapCut, Animaker, Canva, Interacty, dan Educaplay, kami berharap siswa dapat lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran Bahasa Arab, selain itu produk media ini diberikan kepada pihak sekolah, untuk kemudian dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Arab." ujar Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd

"Kami sangat senang, karena diikutsertakan dalam pengaplikasikan produk media yang telah dibuat ini di sekolah, karena selain mendapatkan pengalaman berharga, kami juga dapat mengamati dan merasakan secara langsung proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif, disini kami dapat melihat antusias dan semangat siswa yang tertarik dalam belajar dengan menggunakan produk media pembelajaran yang sudah kami buat" ujar Jahratun Nisa mahasiswi semester 8 yang turut serta dalam kegiatan ini.

Kepala Sekolah SMAS IT HASANKA Boarding School menyambut baik penggunaan produk media pembelajaran ini, beliau  mengapresiasi kegiatan yang berlangsung dalam penggunaan produk media pembelajaran ini, selain itu Ustadz Ikhlasul Amal, guru bahasa Arab yang mengampu pelajaran Bahasa Arab di SMAS IT HASANKA juga  melaporkan bahwa siswa merespons positif terhadap metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Mereka merasa lebih termotivasi dan bersemangat dalam mempelajari Bahasa Arab. Beliau mengungkapkan rasa terimakasihnya atas produk media pembelajaran yang telah diberikan.

Penggunaan berbagai produk media pembelajaran Bahasa Arab ini menjadi bukti nyata upaya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Palangka Raya dalam terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan memberikan dampak positif bagi pembelajaran Bahasa Arab di tingkat sekolah menengah.(Postedbyami)

Posting Komentar

0 Komentar