About Me

header ads

HMPS PBA Kembangkan Metode Belajar Menghafal Sambil Bernyanyi

 

Palangka Raya, 16 Oktober 2022 - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) IAIN Palangka Raya menggelar kegiatan menarik "Menghafal Mufrodat Sambil Bernyanyi" pada tanggal 16 Oktober 2022. Kegiatan ini menjadi bagian integral dari program kerja divisi pengembangan bahasa yang berkolaborasi dengan organisasi FILAR (Firqoh al-Lughah al-Arabiyyah). Menariknya, kegiatan ini dilaksanakan selama beberapa pekan bersamaan dengan kegiatan tutor sebaya.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberikan materi mufrodat-mufrodat dan diajarkan untuk menghafalnya melalui metode bernyanyi dengan nada tertentu. Tujuan penggunaan lagu dalam pembelajaran kosakata adalah untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar dan memberikan kesenangan kepada mereka, sehingga dapat meningkatkan penguasaan dan menambah perbendaharaan kosakata.

Yulia Rahmah, M.Pd., dosen PBA, turut membimbing kegiatan ini dengan harapan dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari kosakata bahasa Arab. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat lebih mudah mengingat kosakata tersebut dan mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari dengan lebih lancar.

"Tujuan penggunaan lagu dalam pembelajaran kosakata ini adalah untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar dan memberikan kesenangan kepada mereka sehingga dapat meningkatkan penguasaan atau menambah perbendaharaan kosakata," ungkap Yulia Rahmah, M.Pd.

HMPS PBA terus berkomitmen untuk menciptakan kegiatan inovatif yang dapat meningkatkan minat dan kualitas pembelajaran mahasiswa PBA. Semoga kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang positif dan mendukung pemahaman mahasiswa terhadap bahasa Arab.



Posting Komentar

0 Komentar