About Me

header ads

Tutor Sebaya : Belajar Bahasa Arab Antar Mahasiswa di Luar Kelas


17 Oktober 2020. HMPS PBA IAIN Palangka Raya adakan kegiatan Tutor Sebaya. Kegiatan Tutor Sebaya adalah salah satu program kerja dari divisi Pengembangan Bahasa HMPS PBA IAIN Palangka Raya yang mana kegiatan ini bertujuan untuk membimbing mahasiswa baru agar dapat mengetahui kriteria dan unsur-unsur dari bahasa Arab agar kedepannya mereka di dalam kelas lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh dosen, sehingga kegiatan tutor sebaya ini menjadi bimbingan dan pelajaran tambahan bagi mereka untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab sesuai dengan tata bahasa dan kaidah-kaidah yang ditentukan. 


Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa PBA semester 1. Mereka dibagi menjadi beberapa firqoh (kelompok), yang mana setiap kelompok memiliki tutor, tutornya berasal dari mahasiswa PBA semester 3 dan 5. Tugas tutor adalah membimbing dan memberikan materi kepada membernya.


Kegiatan ini berlangsung selama satu semester, setiap hari minggu sore. Adapun tempat kegiatan tutor sebaya dilaksanakan di halaman gedung MIPA. 


Aulia  Mustika Ilmian, M.Pd. selaku Kaprodi PBA mengungkapkan bahwa "Tutor Sebaya adalah kegiatan belajar mengajar yang memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mengajarkan dan berbagi ilmu pengetahuan atau keterampilan pada mahasiswa yang lain untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar agar temannya tersebut bisa memahami materi dengan baik. Tutor sebaya dapat memberi rasa nyaman pada mahasiswa karena pada umumnya hubungan antara teman lebih dekat dibandingkan hubungan dosen."


Harapannya kegiatan tutor sebaya ini dapat menjadi wadah untuk mahasiswa berekspresi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Arab.




 

Posting Komentar

0 Komentar