Rabu, 15 September 2021

Penguatan Materi Bahasa Arab MI di MIN Kotawaringin Barat 04

 

Pengabdian Dosen Prodi PBA di MIN  04 Kobar 










       Rabu, (15/09/2021). Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab kembali melakukan tindak lanjut pengabdian dosen Prodi PBA di MIN 04 Kotawaringin Barat, yang sebelumnya telah dilaksanakan secara online, selama hampir satu semester. Hal ini juga merupakan bagian dari tindak lanjut MOu yang disepakati bersama oleh FTIK IAIN Palangka Raya dan MIN 04 Kotawaringin Barat. Dosen prodi PBA IAIN Palangka Raya kemudian melakukan evaluasi secara langsung ke lokasi sekaligus meninjau ulang kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Arab di MIN 04 Kotawaringin Barat.

Sambutan dari Kaprodi Bahasa Arab IAIN Palangka Raya

        Kegiatan ini diawali oleh sambutan dari kaprodi Pendidikan Bahasa Arab Dr. Marsiah M.A, beliau mengatakan bahwa pengabdian ini akan dilakukan secara terus menerus, apabila guru-guru bahasa Arab di MIN 04 Kotawaringin Barat, membutuhkan bantuan secara akademis. Dalam progressnya para peserta yaitu guru-guru Bahasa Arab di MIN 04 yang berjumlah sekitar 25 orang terlihat sangat antusias dan bersemangat.


Koordinasi antara dosen Prodi PBA dan Guru Bahasa Arab

        Sebelumnya, diketahui bahwa kendala paling dasar yang dihadapi oleh guru-guru bahasa Arab di MIN 04 Kobar adalah latar pendidikan mereka yang keseluruhannya bukan merupakan pendidikan Bahasa Arab, justru para pengajar Bahasa Arab di sekolah ini merupakan sarjana pendidikan lain seperti pendidikan Agama Islam, Tadris Bahasa Inggris, dan Ilmu sosial. Sehingga mereka kesulitan dalam pembelajaran, khususnya pada pemahaman kosa kata, pemahaman qawaid dan juga kesulitan dalam pengucapan lafadz.

Bimbingan secara berkelompok  

Dengan demikian, agar dapat melakukan penguatan materi Bahasa Arab secara intens, maka dosen prodi Bahasa Arab membagi kelompok perkelas, dari kelas 1 sampai kelas 6. Bimbingan intens ini dilaksanakan dari pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WIB. (by ami)

0 komentar:

Posting Komentar