Sabtu, 20 Oktober 2018

Prodi PBA Sukses Melaksanakan Pelatihan dan Seminar Internasional untuk Pengajar&Mahasiswa Bahasa Arab Se-Kalimantan


Syaikh Osama Nara Sumber dari Al-Azhar Mesir
Bahasa Arab adalah bahasa al-Quran. Bahasa persatuan umat Islam. Pengajar Bahasa Arab punya tantangan tersendiri untuk membuat bahasa Arab mudah sekaligus asyik dipelajari. Itulah kenapa para pengajar Bahasa Arab harus kreatif memciptakan metode-metode pengajaran yang praktis dan menyenangkan.
Hari ini, Jumat (19/10) Prodi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Palangka Raya mengadakan Seminar Internasional dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab. Bertempat di Aula Pascasarjana, kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama antara Prodi PBA dengan IMLA (Ikatan Penagjar Bahasa Araab Se-Indonesia) dan WAMY (World Assembly of Muslim youth).
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini mengangkat tema “Trend Baru Pembelajaran Bahasa Arab dan Penerapannya.” Pelatihan ini dihadiri tak kurang 70 peserta yang terdiri dari para guru Bahasa Arab tingkat MTs/SMP, MA/SMA dari Palangka Raya, Banjarmasin dan Samarinda.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akedemik IAIN Palangka Raya, Dr. Abdul Qadir, M.Pd. “Kegiatan seperti sangat urgen. Diharapkan, Prodi PBA perlu membuat even-even internasional yang berbahasa Arab di IAIN Palangka Raya,” ujarnya. “Ini untuk mengimbangi kegiatan-kegiatan internasional lainnya yang berbahasa Inggris yang sudah sering terselenggara.”
Seminar dan pelatihan ini diisi oleh lima orang pakar Bahasa Arab, Prof. Dr. Imam Asrori, Dosen Universitas Negeri Malang sekaligus Ketua IMLA Pusat, Dr. Mamluatul Hasanah, M.Pd, Dosen UIN Maliki Malang sekaligus Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Maliki Malang, Dr. Hamidah, MA., Dosen PBA IAIN Palangka Raya, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd., Dosen PBA IAIN Palangka Raya, dan Usamah Abdel Monem Abul Hadid Zayed, Lc, dari Universitas Al Azhar Mesir.
Wakil Rektor I. Dr.H.Abdul Qodir, M.Pd. Memasangkan Laung kepada Narusumber Dr.Mumluatul Hasanah, M.Pd.

Pada kesempatan ini juga diadakan lauching program Arabic Online, sebuah website pembelajaran Bahasa Arab yang dikembangkan Saudi Electronic University. Launching ini sebagai tindak lanjut dari MoU 45 perguruan tinggi se-Indonesia dengan Saudi Electronic University mengenai pembelajaran Bahasa Arab. (CP)

Peserta sangat serius mengikuti kegiatan




Sumber(http://ftik.iain-palangkaraya.ac.id/prodi-pba-adakan-pelatihan-dan-seminar-internasional-untuk-guru-bahasa-arab-se-kalimantan/)

0 komentar:

Posting Komentar