About Me

header ads

Revitalisasi Pembelajaran Bahasa Arab: Mata Kuliah Al-Wasail Al-Musa'adah Terintegrasi dengan Teknologi AI

Palangka Raya, 26 September 2022 - Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya semakin memperkaya kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan memperkenalkan mata kuliah inovatif, "Al-Wasail Al-Musa'adah li Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyyah," yang terintegrasi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Mata kuliah ini diselenggarakan untuk mahasiswa PBA semester 5 dengan dosen pengampu Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd.

Mata kuliah ini dirancang untuk mengajarkan konsep-konsep media pembelajaran bahasa Arab yang dapat beradaptasi dengan teknologi AI yang semakin berkembang pesat. Menyadari era digital saat ini, keberadaan media pembelajaran yang dapat memanfaatkan teknologi menjadi sangat penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab.

Dalam kurikulum ini, mahasiswa PBA semester 5 dibagi ke dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok bertanggung jawab untuk membuat e-modul yang berfokus pada empat keterampilan (maharah) bahasa Arab, yang masing-masing dilengkapi dengan game online. Proyek ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi ajar, tetapi juga untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Aulia Mustika Ilmiani, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah ini, menyatakan, "Penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran bahasa Arab dapat memperkaya proses pembelajaran, membuatnya lebih menarik, dan sesuai dengan minat serta pemahaman mahasiswa terhadap teknologi saat ini."

Salah satu mahasiswa PBA, Tri Priyatmi, berbagi kesan positifnya terkait mata kuliah ini, "Pembelajaran ini sangat bermanfaat untuk bekal ketika mengajar nanti. Mengingat siswa sekarang sudah akrab dengan teknologi, maka kita harus menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran bahasa Arab."

Contoh E-Modul Bahasa Arab

Mata kuliah Al-Wasail Al-Musa'adah li Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyyah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menghasilkan calon guru bahasa Arab yang tidak hanya menguasai tradisi, tetapi juga mampu berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif.

Posting Komentar

0 Komentar